Rasanya dalam 5 tahun terakhir, kepopuleran Kota Malang semakin menjulang tinggi. Tentu saja hal ini karena berbagai tempat wisata di kota Malang yang sangat bervariasi dan layak untuk disinggahi.

Namun, bagi banyak orang kota Malang kadang disamakan dengan Kabupaten Malang atau bahkan Kota Batu. Padahal, secara geografis dan administratif, tiga wilayah ini sangatlah berbeda.

Meskipun begitu, tiga wilayah ini sama-sama memiliki destinasi wisata yang menarik. Lebih dari itu, luas ketiga wiayah ini juga tidak terlalu besar untuk dijelajahi sepanjang hari.

Nah, karena itu, berikut beberapa ulasan mengenai tempat wisata di Kota Malang dan sekitarnya yang patut untuk kamu kunjungi bersama kawan dan keluarga tercinta.

1Omah Batu

blog.tiketdong.com

Kalau kamu ke Mota Batu penginapan Omah Kayu adalah salah satu penginapan yang harus kamu inapi. Harga sewa per malam sekitar Rp 250.000 – Rp 300.000. namun, kamu juga bisa hanya sekedar berkunjung tanpa menginap dengan harga tiket Rp 5.000.

Dari Omah Kayu, kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan dan persawahan yang asri dari ketinggian.

2Air Terjun Sumber Pitu

hipwee.com

Pernah merasakan sensai 7 air terjun dalam satu tempat sekaligus? Datanglah ke air terjun sumber pitu di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Wilayah kecamatan ini adalah salah satu batas wilayah timur Kota Malang.

3Pantai Balekambang

hipwee.com

Kalau kamu pernah ke Bali, salah satu tempat wisata yang cukup populer adalah Tanah Lot. Nah, di kabupaten Malang kamu juga bisa ke ‘Tanah Lot-nya Jawa Timur’ di pantai Balekambang.

4Museum Kesehatan Jiwa

hipwee.com

Indonesia memang ‘surga’ nya museum-museum. Mulai dari musem kars hingga museum batik ada di Indonesia. Bahkan di Malang kamu bisa berkunjung ke Museum Kesehatan Jiwa.

Museum yang didirikan sejak tahun 2009 ini memiliki koleksi sekitar 700 alat kesehatan dan alat kedokteran yang berhubungan dengan kesehatan jiwa.

5Sumber Air Krabyakan

hipwee.com

Tempat wisata di kota malang yang satu ini berada di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang. Lokasi ini masih sangat ‘perawan’ hingga tiket masuknya saja hanya Rp 1.000.

Sedikit penunjuk jalan yang jelas ke sumber air ini, kamu harus banyak bertanya ke warga sekitar untuk menemukan lokasi wisata yang satu ini.

6Pulau Sempu

hipwee.com

Selama dua tahun terakhir, nama tempat wisata di Kota Malang yang satu ini sangatlah terkenal. Pulau Sempu, lokasi wisata ‘tersembunyi’ dengan pasir coklat bercampur putih dan air laut yang biru jernih.

Di pulau ini terdapat pantai Segara Anakan yang sangat indah, lokasi yang sangat tepat buat kamu yang hobi camping  di alam bebas. Kawasan pulau Sempu ini adalah cagar alam yang dilindungi. Jadi, kamu juga harus jaga kelestarian dan kebersihannya.

7Agro Tawon Rimba Raya

news.acaraapa.com

Kamu bisa ‘mandi madu’ di agrowisata yang satu ini. Tempat wisata di Kota Malang ini terletak di Kecamatan Lawang. Selain madu murni langsung dari sarang tawon, kamu juga bisa merasakan berbagai minuman dan kuliner khas madu.

8Cangar Batu

hipwee.com

Kalau bosan bermandian air dingin di pantai, kamu bisa mengunjungi pemandian air panas Cangar Batu. Kolam besar dengan harga murah Rp 6.000 bisa kamu jadikan tempat berendam hingga rileks dan nyaman seluruh badan.

9Es Krim Toko Oen

vianiiioktaa.wordpress.com

Saatnya menutup perjalanan kamu di Malang dengan menikmati es krim klasik dan legendaris di Toko Oen. Restoran es krim yang satu ini telah berdiri sejak Indonesia belum merdeka, tahun 1930.

Harga es krim disini bervariasi dari Rp 10.000 hingga Rp 65.000, dijamin harganya sesuai dengan citarasa es krim yang sempurna. Lokasinya di jalan Basuki Rahmat Nomor 5.