WOW! Benarkah 7 Tempat Ini Ada di Indonesia?

tugasimke201a.wordpress.com

Berada di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Magetan terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang menyegarkan. Salah satu yang paling terkenal dan menjadi primadona wisata di sana adalah Telaga Sarangan.

Namun demikian masih banyak pesona alam lainnya yang bisa kamu kunjungi untuk sekedar rekreasi maupun berelaksasi dengan suasana alam yang sejuk, segar dan asri.

1Telaga Sarangan

tugasimke201a.wordpress.com

Telaga ini punya nama lain sebagai Telaga Pasir. Tempa ini sudah menjadi tulang punggung pariwisata Kabupaten Magetan sejak lama. Tak heran kalau Telaga Pasir sangat terkenal dan tak pernah sepi pengunjung.

Selain pemandangan danau yang menawan, udara sejuk khas pegunungan membuat telaga ini terasa semakin indah dan romantis.

Telaga Sarangan hanya berjarak 16 kilometer dari pusat kota ke arah barat. Luas telaga sekitar 30 hektar dengan kedalaman rata-rata 28 meter

2Ladang Stroberi

abang.my.id

Perkebunan stroberi ini bisa kamu lihat dari bahu jalan menuju Sarangan. Tidak ada tiket masuk ke kebun ini. Kamu bisa bebas memanen buah stroberi dengan tanganmu sendiri. Tapi jika kamu ingin membawa pulang hasil panenmu, akan dikenakan sekitar Rp. 60.000 per kilo.

Dahulu, kawasan perkebunan stroberi ini adalah bekas kebun sayur, tapi komoditas pertaniannya diubah dengan tujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi.

3Eksotika Telaga Wahyu

bentengmagetan.wordpress.com

Meski tampak kecil, Telaga Wahyu memiliki fasilitas yang lengkap. Sudah tersedia becak air jika ingin bermain di telaga, ada ikan bakar, kamu bisa menangkapnya sendiri dengan cara memancing.

Jika ingin menginap di sana, pilihan paling menarik adalah dengan cara kemping di bumi perkemahan yang berada di komplek telaga ini.

4Air Terjuan Pundak Kiwo di Lereng Gunung Lawu

wisatamu.com

Tempat ini berada di Desa Ngancar yang dikenal dengan Air Terjun Puncak Kiwo. Posisinya yang berada di ketinggian 1.476 mdpl membuatnya menjadi air terjun tertinggi dalam hal lokasi keberadaannya. Air terjun Pundak Kiwo ini memiliki tinggi 45 meter.

Banyak warung yang menjual aneka menu sedap menjamin perutmu tidak akan keroncongan meski seharian di tempat ini. Mulai dari hiburan mata, kepala, sampai perut, semuanya lengkap ada di sini

5Air Terjun Titasari

wisatamu.com

Turun sedikit di ketinggian 1.200 mdpl dari lereng Gunung Lawu kamu bisa menemukan air terjun kedua yang diberi nama Air Terjun Tirtasari. Lokasinya mudah dijangkau dan berada tidak jauh dari Telaga Sarangan. Hanya terpisah jarak 2,5 km.

Air Terjun Tirtasari memiliki tinggi 50 meter dengan bagian bawahnya sudah dibangun tangga beton untuk memudahkan traveler yang ingin mendekati air terjun.

Kamu bisa ke tempat ini dengan cara berjalan kaki sejauh 1 km atau menyewa kuda yang siap mengantar hingga ke lokasi wisata.

6Cemoro Sewu

zorothetraveller.wordpress.com

Kawasan ini menjadi titik awal pendakian menuju Gunung Lawu sekaligus tempat istirahat yang nyaman. Cemoro Sewu selalu menjadi tujuan singgah yang banyak diburu para traveler, khususnya  yang hendak menuju Tawangmangu di Karanganyar, setelah berlibur di Telaga Sarangan.

Di Cemoro Sewu terdapat pemancar TVRI yang mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Cemoro Sewu berada pada ketinggian 1.600 mdpl, sore hari udara di tempat ini sudah terasa dingin sekali.

Kawasan Cemoro Sewu kini semakin dipercantik dan diperlebar sehingga menyerupai suasana puncak pass di Bogor – Cianjur.

Kalau di sepanjang tepi jalan di Puncak Pass Bogor – Cianjur dipenuhi dengan pedagang jagung bakar maka di “Puncak Pass” Cemoro Sewu ini dipenuhi dengan para pedagang sate kelinci dan sate “jamu” yang berjajar disepanjang tepian jalan.

7Bendungan Gonggang

donesia.wordpress.com

Destinasi terakhir yang dapat kamu kunjungi di Magetan adalah Bendungan Gonggang. Bendungan ini berada di Desa Janggan Kecamatan Poncol. Namanya memang belum begitu terkenal.

Fungsi utama dari Bendungan Gonggang adalah sebagai pusat irigasi di Kecamatan Poncol, Kecamatan Parang dan Kecamatan Lembeyan. Selain itu bendungan ini juga menjadi sumber air bersih bagi daerah-daerah sekitarnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here