Jawa Timur menyimpan banyak sekali kekayaan alam yang menarik nan indah. Provinsi yang beribukota Surabaya ini memiliki banyak sekali objek wisata alam maupun buatan yang mampu memikat para wisatawan.

Nah berikut beberapa tempat wisata alam di Jawa Timur yang sayang untuk dilewatkan.

Jika kamu berkunjung ke Jember jangan lupa mampir ke Pantai Papuma. Pantai ini terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Pantai Papumua juga dikenal sebagi Pantai Tanjung Papuma sebab posisi daratannya yang menjorok ke laut menyerupai tanjung.

Kamu akan dimanjakan oleh pemandangan pantai yang sangat indah. Di tepi pantai tersebar perpaduan pasir putih serta batu karang yang menawan.

Ciri khas dari pantai Papuma adalah tujuh karang besar yang menjulang di pantai. Begitu besarnya karang-karang tersebut membuatnya hampir menyerupai sebuah pulau.

Berkunjung ke Bondowoso ada wisata Kawah Ijen yang eksoktik menawan. Kawah Ijen terletak di Kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen, di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.

Tahukah kamu bahwa Kawah Ijen merupaka kawah asam terbesar di dunia dengan tinggi kaldera yang mencapai 500 meter dan luas kawah mencapai 5.466 hektar.

Untuk menikmati keindahan Kawah Ijen, kamu harus melaukan pendakian terlebih dulu ke Gunung Ijen.

Pada waktu pagi hari, kamu akan melihat perpaduan antara sinar matahari berwarna orange dan kawah berwarna hijau toska yang teduh, sungguh ‘lukisan’ alam yang sangat menajubkan.

Di wkatu dini hari, kamu bisa menikmati fenomena alam blue fire yang sangat indah.

Selanjutnya ada wisata alam Gunung Bromo. Tempat yang satu ini juga terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.

Kamu dapat menikmati sunrise, berjelajah di pasir berbisik dan menikmati keindahan kawah Bromo.

Yang tak kalah menarik ada Air Terjun Madangkaripura yang berlokasi di Kabupaten Probolinggo dan masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo.

Setelah dari Bromo sebaiknya mempir melihat keindahan air terjun ini. Air Terjun Madangkaripura dikelilingi dinding yang luar biasa tinggi yakni sekitar 200meter dengan lumut-lumut hijau merwarnainya.

Ingin menikmati pantai pasir putih? Yuk berkunjung ke Pantai Klayar Pacitan, pasirnya yang seputih susu ini sangat memukau. Terdapat pula batu karag yang bentuknya menyerupai Spinx.

Masih banyak lagi wisata alam di Jawa Timur, siapakan ranselmu and enjoy your trip!