Yogyakarta adalah sebuah daerah yang selalu dirindukan orang karena suasananya yang hangat dan tradisional. Apalagi tempat wisatanya yang sungguh memanjakan mata dan menyegarkan kepala.

Kota Yogyakarta yang mempunyai julukan “kota mahasiswa” ini sangat menarik perhatian para pebisnis untuk berinvestasi pada bidang pariwisata dan kuliner.

Jelas saja, sektor pariwisata dan kuliner memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Contohnya seperti 10 tempat wisata dan restauran berikut ini yang belakangan sangat ramai foto-fotonya bertebaran di media sosial karena digandrungi anak muda.

Di mana saja tempat istimewa itu?

1Queen of South Resort

indahrp.com

Hotel dan resort ini berada di Parangtritis. Namun posisinya lebih tinggi, tepatnya lebih dekat dengan paralayang.

Dari resort ini kita bisa berenang di kolam renang langsung dengan view pantai. Kalau punya cukup waktu dan uang mungkin bisa menginap di resortnya. Tapi jika tidak pun kita bisa hanya ke restorannya atau ke kolam renangnya saja sekedar menenangkan pikiran.

Manajemen resort membolehkan siapa saja masuk tanpa menginap dengan dikenakan tiket masuk. Alhasil, tempat ini menjadi salah satu spot paling banyak mengisi timeline Instagram anak-anak kekinian.

2Rumah Paris

agoda.com

Jika kamu sedang liburan ke Jogjakarta, sempatkanlah untuk mampir ke sini. Penginapan yang satu ini memiliki konsep unik. Arsitektur rumah bergaya Eropa dan tiap kamar pun memiliki konsep berbeda. Dijamin tak akan bosan tinggal di sini.

Selain untuk menginap, kamu pun diperbolehkan datang hanya untuk sarapan saja. Selain itu, Rumah Paris pun bisa menjadi pilihanmu sebagai lokasi pemotretan apa saja. Cukup dengan reservasi, kamu sudah bisa mengambil bermacam spot sebagai latar belakang foto.

Rumah Paris berada di Jalan Parangtritis, Bantul, Yogyakarta.

3Sindu Kusuma Edupark

rentalmobilyogyamurah.com

Tiket masuk ke sindu park ini hanya Rp.15.000 saja tetapi kita masih dikenakan biaya untuk menaiki setiap wahana yang ada di dalamnya, dan dapat minuman gratis juga berupa sari apel dari kusuma agro wisata. Kalau untuk bianglalanya per-orang Rp.20.000 .

Sistem di tempat ini yaitu memakai kartu yang bisa direload dan direfund. Jadi kalau saldomu kurang, tinggal reload saja. Kalau kelebihan, kamu bisa direfund di pintu keluar.

4Abhayagiri Restaurant

eghaacuu.blogspot.com

Restauran ini diberi nama dari Prasasti Abhayagiri Wihara (792M) yang ditemukan di kompleks Situs Ratu Boko. Abhayagiri Restaurant menawarkan sensasi Casual Dining dengan pemandangan dramatik ke arah Candi Prambanan dan Gunung Merapi Yogyakarta.

Untuk mencapai restoran ini kita akan menyelusuri jalan pedesaan yang berkelok mendaki perbukitan Boko yang terletak di ketinggian 196 meter dpl, sehingga menyuguhkan pemandangan terbaik saat ini dari atas kota Yogyakarta.

Lokasi yang dekat dengan Bandara Adisutjipto dan terletak di kawasan heritage dunia, menjadi salah satu pilihan baru untuk tujuan pariwisata.

Dinamakan Abhayagiri (Wihara dibukit yang damai) akan menambah atmosfir yang nyaman dan menenangkan makin terasa setelah melewati gerbang resort Sumberwatu Heritage tempat restoran ini berada.

5Roaster and Bear

anekatempatwisata.com

Roaster and Bear ini merupakan kafe berkelas dengan jenis interior yang terkesan minimalis. Sesuai dengan namanya, desain interior kafe ini mendominasi gambar gambar beruang yang ada di sekeliling kafe sehingga membuat kafe ini semakin lucu, klasik, dan unik.

Dinding berwarna putih dengan tekstur menyerupai batu bata yang tertata rapi menjadi penghias yang memberi kehangatan.

Dekorasi tersebut akan membuat resto ini terasa bersahabat dan nyaman. Roaster and bear berada tepat di jantung Kota Yogyakarta, yaitu sebelah selatan Tugu.

6Secret Garden

kulineraric.blogspot.com

Konsep restauran ini kuat sekali. Mereka menjual tema garden dining berbumbu romantisme. Sejak pertama masuk, kita sudah disambut oleh pemandangan lampu-lampu mungil yang memberi kesan lembut.

Pemilihan furniture atau perabotan juga sangat mendukung dengan dominasi warna putih. Tamannya juga luas sekali hingga terbagi menjadi beberapa area. Lengkap dengan water fountain pada central area garden.

7Rumah Warna-Warni Code

potograpero.com

Rumah warna-warni ini terletak di dekat jembatan Code Yogyakarta, tepatnya disebelah timur Tugu Yogyakarta.

Rumah-rumah itu dicat sesuai pola warna. Karena pengecatan berselang-seling dan diagonal, ada beberapa rumah yang bisa kena cat dengan warna berbeda.

Misalnya ada satu rumah yang kena empat kelir. Dinding samping dan depannya kuning dan biru, atapnya merah dan putih.

Seluruh cat disediakan sponsor. Dibutuhkan 300-an kaleng cat, masing-masing cat 4 kilogram, untuk melabur 23 rumah

8Watu Lumbung

diasporaiqbal.blogspot.com

Pantai Watu Lumbung atau tertulis juga Watulumbung terletak di Desa Balong Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS lokasi wisata pantai Watu Lumbung 8°11’9″S 110°42’1″E lihat peta google maps di akhir posting.

Pantai Watu Lumbung memiliki ciri terdapat batu unik menyerupai lumbung padi. Rute menuju lokasi bisa ditempuh tidak jauh dari pertigaan masuk Pantai Wediombo (sebelum area parkir) menuju jalan ke arah barat atau arah menuju Gunung Batur.

Posisinya terletak di barat kawasan Wediombo atau timur Gunung Batur. Pantai ini biasa digunakan untuk memancing, bahkan bisa untuk snorkeling.

9Hutan Pinus

malesmandi.com

Hutan Pinus Imogiri terletak di Bantul dekat dengan arah menuju Kebun Buah Mangunan. Tidak ada retribusi untuk masuk ke Hutan Pinus ini, cukup membayar biaya parkir kendaraan saja. Tarif parkir sepeda motor Rp 3.000,- dan tarif parkir mobil Rp 10.000,-.

Hutan Pinus ini tidak begitu luas namun sangat layak dijadikan tempat tujuan wisata. Ada juga yang menjadikan Hutan Pinus ini sebagai lokasi foto pre-wedding

10Kalibiru

rentmotorjogja.com

Kalibiru adalah salah satu wisata alam yang terdapat di daerah kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Wisata alam hutan kemasyarakatan Kalibiru berada di perbukitan menorah kulonprogo Yogyakarta, pada ketinggian 450 mdpl.

Dari puncaknya, pengunjung dapat melihat pemandangan perbukitan di buki menorah sekaligus dapat melihat waduk Sermo dari atas buki. Jika cuaca cerah, Nampak putihnya omak pantai selatan.

Kamu juga bisa melihat ke arah timur yang menampakkan pemandangan hamparan dataran luas. Kalau kamu menginap, kamu bisa berkesempatan untuk melihat sunrise dari puncaknya.

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Yuk, coba jadikan lokasi wisata dan restauran ini sebagai destinasi liburanmu.

Baca juga tempat-tempat wisata Yogyakarta yang menantang adrenalin!