Siapapun pasti tahu bahwa Jawa Timur memiliki keindahan alam yang sempurna. Berbagai jenis obyek wisata menjamur di sana. Mulai dari wisata budaya, hiburan sampai dengan wisata alam.

Hampir seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timut adalah pusat pariwisata. Termasuk Lamongan, daerah yang tidak terlalu besar ini menyimpan kekayaan alam. Meskipun belum banyak diketahui banyak orang, tapi kawasan wisatanya tidak kalah dengan daerah lainnya.

Inilah 6 tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Lamongan. Let check it!

1Wisata Bahari Lamongan

masdonie.blogspot.com

Wisata Bahari Lamongan atau WBL merupakan wisata pantai paling indah di Lamongan. Letaknya ada di jalur Pantura Tuban-Surabaya. Nama populer WBL sebelumnya adalah Pantai Tanjung Kodok.

Kini, setelah fasilitas di sana terlengkapi, namanya diubah menjadi Wisata Bahari Lamongan. Berbagai wahana bermain dan wahana lainnya yang sangat menantang, membuat WBL kian diminati wisatawan.

2Maharani Zoo & Goa Lamongan

la-mania89.blogspot.com

Orang-orang lebih mengenal dengan singkatan Mazola. Pengelola dan investor Mazola sama dengan WBL. Begitu pula dengan perkembangan wahana dan fasilitasnya yang tak kalah menarik.

Di Mazola terdapat sebuah goa dengan arsitektur cantik. Kamu akan sangat terpukau ketika memasuki goa ini. Selain itu, kamu juga bisa melihat ratusan hewan di Maharani Zoo, galeri satwa dan galeri bebatuan.

3Pantai Kutang

arekgresiklagi.blogspot.com

Kedengaran dari namanya memang unik. Bagi orang Jawa, nama Pantai Kutang terbilang nama yang ‘saru’. Namun, ternyata pemberian nama ini cocok dengan apa yang ditemukan di sana. Konon, di Pantai Kutang banyak sekali pakaian dalam berhamburan.

Katanya, pantai tersebut jarang terjamah tangan manusia, akan tetapi keindahannya sangat menawan. Itulah sebabnya, banyak wisatawan yang penasaran. Seperti apa ya rupa Pantai Kutang?

4Waduk Gondang

youtube.com

Dari pantai, beralih ke Kota Lamongan. Berkunjunglah ke Waduk Gondang. Sebuah waduk yang dikelilingi ragam pohon dan sawah. Selain sebagai kawasan wisata, Waduk Gondang juga dimanfaatkan untuk mengairi ribuan sawah di Lamongan.

Kalau ingin berkeliling waduk, silakan menggunakan perahu dan membayar Rp60.000 untuk 10 orang. Nikmati juga suasana damai dan sejuk di pinggiran waduk. Terlebih saat sunrise dan sunset, kamu akan merasakan kecantikan alam tiada duanya.

5Gunung Pegat

pesonawisatakotababat.blogspot.com

Bagi pasangan kekasih, harap berhati-hati tatkala ke Gunung Pegat. Konon, dua pasang kekasih dapat berpisah tiba-tiba karena berkunjung ke sana. Sesuai nama gunungnya Pegat, yang artinya berpisah.

Tapi, itu hanya mitos guys. Jangan percaya mitosnya, percayalah pada keindahannya yang tiada tara. Pemandangan bukit kapur berpayung langit biru akan membuat kamu selalu merasa takjub.

6Monumen Van Der Wijk

jackvanderwyk.wordpress.com

Beranjak ke wisata sejarah di Lamongan, Monumen Van Der Wijk. Monumen tersebut didirikan Pemerintah Belanda dalam rangka mengenang peristiwa tenggelamnya kapal Van Der Wijk. Seorang sastrawan Indonesia, Hamka, juga turut bercerita tentang kapal naas tersebut.

Kamu mungkin ingat film berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk yang dibintangi oleh Pevita Pears dan Herjunot Ali. Film tersebut diangkat dari sebuah novel karya Hamka dengan judul yang sama.

Keberadaan Monumen Van Der Wijk turut berperan besar dari suksesnya penayangan film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk. Sampai sekarang, monument tersebut makin banyak dikunjungi orang.

Itulah tadi deretan tempat wisata yang paling menarik di Lamongan. Selain keenam tempat wisata tersebut, Lamongan juga masih menyimpan kawasan wisata lainnya. Penasaran dengan Lamongan? Mari berwisata ke sana di akhir pekan.