siskanurifah.wordpress.com

Puthuk Setumbu, Bukit Tempat Wisata Magelang yang Bisa Menjadi Saksi Sisi Mistis Candi Borobudur

Posted on

Apa yang ada di benakmu pertama kali ketika mendengar atau membaca kata tempat wisata di Magelang? Hmm, pasti tentunya adalah Candi Borobudur.

Candi Agama Budha yang pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban duni ini memang menjadi ikon tersendiri bagi Negara Indonesia kita tercinta ini.

Candi Borobudur yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra ini memang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai monument atau kompleks stupa termegah dan terbesar di dunia.

Sehingga tak hanya wisatawan domestik atau local yang tertarik untuk mendatanginya, namun bahkan wisatawan asing mancanegara berbondong-bondong datang ke Magelang demi melihat Candi Borobudur ini.

Selain terkenal dengan aura megahnya, ternyata ada sisi mistis yang masih terekam jelas di kompleks candi ini. Terutama di stupa paling besar milik Borobudur.

Namun sekilas, jika kita berada di dalam kompleksnya, candi ini hanya menawarkan sensasi eksotis dan megah tanpa bisa kita lihat sisi mistis yang menyelimutinya.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan sisi mistis kompleks candi ini, ada satu tempat wisata yang berada di Magelang namun mungkin kurang dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ialah Puthuk Setumbu, sebuah bukit yang juga menawarkan sensasi tak kalah eksotis dari kompleks Candi Borobudur, serta sensasi alami yang manawan.

Di sini, kamu bisa memandang megahnya kompleks Candi Borobudur dari ketinggian. Dan bukit ini yang akan memperlihatkanmu sensasi mistis dari kompleks candi tersebut.

Puthuk Setumbu memiliki tinggi sekitar 400m di atas permukaan laut, terletak di gugusan Pegunungan Menoreh.

Selain menawarkan sensasi mistis Candi Borobudur dari ketinggian, Puthuk Setumbu juga akan menawarkanmu keindahan karena adanya pemandangan alami dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Kedua gunung tersebut berada di samping kanan dan kiri kompleks candi, seolah-olah memang sengaja mengapitnya.

Nah, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi lain dari melihat Candi Borobudur, cobalah melihatnya dari Puthuk Setumbu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *