Kalimantan merupakan pulau yang memiliki banyak tempat wisata alam. Banyaknya kawasan yang belum terjamah tangan manusia, justru membuat tempat-tempat di sana terjaga keindahannya. Mungkin, kamu tidak asing dengan Kepulauan Derawan.

Kepulauan Derawan disebut-sebut sebagai surge kecil yang tersimpan di Kalimantan. Namun, siapa sangka ternyata Kalimantan punya puluhan tempat-tempat nan indah. Kecantikan tanah Borneo ini tidak sebatas alam bawah lautnya saja.

Inilah 7 tempat wisata di Kalimantan yang sangat direkomendasikan untuk menjadi tujuan liburanmu. Cekidot.

1Danau Sentarum

ksmtour.com

Danau Sentarum terletak di Kabupaten Kapuas Hulu. Kamu hanya akan menemukan air penuh di Danau Sentarum pada musim hujan. Selepas itu, danau ini akan nampak seperti padang rumput yang dibasahi sedikit air.

Di sinilah letak keunikan Danau Sentarum. Saat kemarau tiba, bentuknya lebih menyerupai kubangan air raksasa. Meskipun demikian, air dari Danau Sentarum ini menjadi sumber air di Sungai Kapuas. Perannya sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, tumbuhan dan hewan di sekitarnya.

Saking pentingya peran danau tersebut, pemerintah akhirnya menjadikan Danau Sentarum sebagai Taman Nasional. Kamu bisa menjelajahi danau dengan menumpangi perahu saat musim hujan. Pemandangan di sekitar danau yang dikelilingi pohon nampak semakin indah.

2Air Terjun Panayar

youtube.com

Kalimantan juga punya air terjun lho. Namanya, Air Terjun Panayar. Terletak 30 km dair Kota Martapura. Tepatnya di Desa Artain, Kecamatan Aranio, Kalimantan Selatan.

Kalau ingin berkunjung ke sana, kamu bisa memanfaatkan kendaraan bermotor. Untuk melanjutkan perjalanan sampai ke Panayar, kamu harus menggunakan perahu kayu yang disebut kelotok.

3Pantai Melawai

klikhotel.com

Keindahan Pantai Melawai di Balikpapan, Kalimantan Timur, sungguh tak terbantahkan. Meskipun letaknya di timur, kamu dapat menikmati eksotisnya matahari terbenam. Pantai Melawai adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunset.

Letak Pantai Melawai hanya 5 menit dari pusat Kota Balikpapan. Kamu hanya perlu berjalan kaki untuk sampai ke sana. Cahaya matahari keemasan akan menyambut kamu sesampainya di Pantai Melawai.

4Pulau Kaget

muftiode.wordpress.com

Kamu yang membaca judulnya saja pasti sudah kaget. Kok ada ya yang namanya Pulau Kaget? Pulau Kaget ini hanya dimiliki oleh Kecamatan Tabunganen, Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Pulau ini berbentuk delta. Lokasinya ada di tengah Sungai Barito. Kamu akan disambut ribuan bekantan sesampainya di sana. Namun, belakangan ini jumlah bekantan semakin berkurang. Bahkan terancam punah.

5Pantai Teluk Tamiang

traveldetik.com

Pasir putih dan air laut yang jernih terhampar di Pantai Teluk Tamiang. Pantai eksotis ini terletak di Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Keindahan Pantai Teluk Tamiang tidak kalah dengan Pantai Melawai.

Untuk sampai ke sana, kamu harus melewati jalur darat dengan beberapa rute daerah. Jika ingin aagak cepat, kamu bisa menaiki kapal ferry dari Batu Licin.

6Pasar Terapung Muara Kuin

wikimedia.org

Ingat iklan di RCTI di era tahun 90-an? Kala itu terlihat gambar nenek tua yang duduk di atas perahu dengan berbagai macam jualannya. Ya, itulah pasar apung.

Pasar Terapung Muara Kuin terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar ini sangat unik sekali. Semua penjualnya berjualan di atas perahu yang terapung di atas Sungai Kuin. Pasar Terapung dibuka mulai jam 9 pagi.

Seperti halnya pasar tradisional lainnya, pasar ini juga menjual aneka sayuran, buah-buahan, souvenir dan kuliner khas Kalimantan. Ayo, jangan malas bangun pagi ya, kalau mau ke sini.

7Menikmati Keindahan Sungai Mahakam

tripvisto.com

Sungai Mahakam menjadi salah satu surga wisata di Kalimantan. Kamu dapat menikmati sungai ini dengan menaiki perahu atau kapal. Untuk sampai ke sana, kamu harus naik kapal motor dari Kota Samarinda.

Perjalanannya cukup jauh, sekitar 2 hari perjalanan. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena fasilitas yang kamu butuhkan tersedia di kapal. Selama perjalanan, kamu bisa menikmati banyak hal termasuk pemandangan dan jernihnya aliran sungai.