Jawa Timur memang tidak pernah kehabisan tempat wisata. Nyaris semua alamnya indah sempurna. Dari ujung ke ujung selalu memesona. Seperti halnya kawasan wisata di Ponorogo yang kerap menjadi sasaran para pelancong.

Daerah yang terkenal dengan kesenian reognya ini memiliki suasana alam yang tenang dan menyejukan. Inilah 6 tempat wisata di Ponorogo yang akan membuatmu ingin ke sana. Cekidot!

1Gunung Bedes

nbudie.wordpress.com

Gunung Bedes bukanlah gunung berapi seperti yang ada dalam anganmu. Gunung Bedes sebenarnya sebuah bukit hijau yang terletak di perbatas Trenggalek dan Ponorogo. Ketinggian Gunung Bedes mencapai 200 mdpl.

Pemandangan di sekitarnya sangat menawan. Nyaris semua berwarna hijau. Sangat cocok untuk kamu yang tiap harinya bekerja di depan komputer. Pokoknya sangat menyegarkan.

2Masjid Hill

elzhito.wordpress.com

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar nama ini? Sebuah masjid kah? Tentu saja bukan masjid, melainkan bukit yang indah. Dinamakan Masjid Hill karena saat kamu berada di puncaknya, kamu akan merasakan ketenangan luar biasa.

Kamu juga akan merasakan bahwa kamu bukanlah siapa-siapa dibandingkan Sang Pencipta Yang Mahabesar. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin introspeksi diri. Tapi, ingat, jangan melamun di Masjid Hill sendirian. Bahaya lho.

3Bukit Pare

munaaisy.blogspot.com

Pemandangan bukit memang mendominasi Ponorogo. Sebuah kekayaan alam yang belum banyak dijamah manusia untuk berwisata. Salah satunya adalah Bukit Pare.

Bukit tersebut terletak di Desa Cepoko, Ngrayun. Jalan menuju ke sana lumayan jauh dan melelahkan. Namun, kelelahan kamu akan terbayar tatkala sampai di sana. Kamu akan menyaksikan panorama yang indah luar biasa.

Kalau ingat film Teletubies, mungkin bukit ini sedikit banyak menyerupai. Hamparan rumput hijau sangat menyejukan mata.

4Air Terjun Sunggah

youtube.com

Air terjun Sunggah merupakan air terjun yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Selain menarik, ada hal unik dari air terjun yang satu ini. Konon, air terjun Sunggah merupakan pertanda akan tibanya musim kemarau.

Tandanya berupa gemericik air di air terjun Sunggah. Percaya atau tidak, kadang-kadang memang terjadi. Kepercayaan itu masih mengakar kuat di hati masyarakat setempat.

Ajaibnya lagi, saat musim kemaru, air terjun ini tetap memiliki air yang melimpah. Airnya sangat jernih dan segar. Banyak ikan yang bernaung di dalamnya.

5Air Terjun Mlaten

maxresdefault.com

Satu lagi air terjun yang cukup populer di Ponorogo, yakni air terjun Mlaten. Air terjun Mlaten dipenuhi bebatuan. Selain itu, pemandangannya sangat menakjubkan.

Di sana, kamu dapat menyaksikan keindahan persawahan dan ladang. Warnanya hijau memukau. Belum banyak yang datang ke air terjun Mlaten. Itu sebabnya kamu harus berhati-hati karena medannya masih sedikit mengerikan.

6Kedung Kenthus

onthespot.com

Kedung Kenthus merupakan wisata alam di Ponorogo berupa aliran sumber mata air. Uniknya, Kedung Kenthus tidak pernah kering airnya meskipun dilanda musim kemarau. Air tersebut merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar.

Panjang aliran air Kedung Kenthus sekitar 20 meter. Aliran tersebut diapit oleh dua tebing dari bebatuan. Warna airnya hijau berkilau akibat dari cerminan warna hijau dedaunan di sekitarnya. Untuk sampai ke tempat ini, kamu harus menempuh perjalanan cukup jauh dari pusat kota.

Walaupun jauh, tetap saja banyak pelancong yang datang berkunjung. Saking indahnya lokasi Kedung Kenthus, sebagian besar pengunjung lebih memilih berfoto ria daripada bermandian di sana.

Itulah tempat wisata alam di Ponorogo. Sebenarnya masih banyak kawasan indah di Ponorogo, tapi belum semuanya diketahui pelancong.