Kota Solo dulunya adalah pusat dari sebuah kerajaan yang ada di tanah Jawa. Kesultanan Surakarta berpusat di kota Solo.

Maka dari itu kota Solo adalah salah satu kota yang sangat kental budayanya. Bagi kamu yang berkunjungke Solo jangan lupa untuk menikmati beberapa tempat wisata yag sangat menarik.

Tidak hanya memiliki wisata alam yag memukau, Solo juga mempunyai wisata budaya yang wajib kamu kunjungi.

Dengan menikmati beberapa tempat wisata di Solo ini, kamu bakal semakin cinta dengan kebudayaan Indonesia.

Ada Museum Danar Hadi Solo. Museum ini adalah museum yang di dalamnya mengoleksi berbagai model batik.

Bagi kamu pecinta batik, museum Danar adalah muesum yang tepat untuk kamu kunjungi. Di dalam Museum Danar Hadi Solo terdapat juga batik-batik antik yang ada sejak masa penjajahan Belanda, Jepang hingga Indonesia Merdeka.

Tidak hanya batik lokal saja, juga ada batik dari berbagai negara. Setelah melihat beraneka batik yang ada, kamu bisa membedakan berbagai jenis batik seperti batik kraton, batik Belanda, batik China, batik Hokokai, dan batik Indonesia.

Museum ini beralamat di jalan Brigjen Slamet Riyadi, Kota Surakarta.

Selanjutnya ada Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Dahulu keraton ini adalah kerajaan Mataram.

Kala itu terjadi permasalahan politis dengan Belanda akhirnya kerajaan Mataram dipecah menjadi dua, yakni Kasunanan Surakarta yang dipimpin oleh Pakubuwono III dan Kasultanan Yogyakarta yang dipimpin oleh Pangeran Mangkubumi.

Nah, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat merupakan cikal bakal kota Surakarta yang sekarang ini lebih dikenal sebagai kota Solo.

Keraton ini didirikan oleh Pakubuwono sejak tahun 1744. Di dalam menyimpan banyak sekali nilai sejarah tentang Solo.

Tempat ini berlokasi di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon.

Wisata budaya lainnya ada Taman Sriwedari. Dahulu taman ini disajikan sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan.

Taman ini terletak di jalan Brigjen Slamet Riyadi 275, Penumping, Kecamatan Lawiyan. Sekarang siapapun bisa berkunjung ke taman Sriwedari.

Di sana terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukkan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana. Tidak hanya itu banyak juga fasilitas hiburan yang tersedia.

Menarik bukan? Kita juga perlu melakukan wisata budaya agar pengetahuan bertambah dan semakin cinta dengan kebudayaan Nusantara.