Jika kamu ingat tentang novel Harry Potter karya JK Rowling, kamu pasti akan ingat berbagai ilmu sihir, magic, dan dunia spiritual lainnya yang berbau mistis.

Nah, identik dengan Harry Potter, tentu kamu tak lupa pada bangunan Sekolah si Harry yang bernama Hogwarts. Di sanalah mereka belajar ilmu-ilmu mistis dan sebagainya itu.

Namun tahukah kamu, bahwa ada satu Kabupaten di Indonesia yang oleh sebagian orang diberi julukan sebagai Hogwarts van Java atau Hogwarts dari Jawa?

Ya, Kabupaten itu adalah Kabupaten Pati, yang terletak di Provinsi Jawa Tengah.

Kenapa Pati disebut sebagai Hogwarts van Java? Ternyata karena konon di sana sebagian besar penduduknya sangat percaya pada hal-hal mistis dan berbau spiritual tersebut.

Eits, namun di sini tidak akan dibahas tentang hal tersebut, melainkan akan lebih membahas tentang empat tempat wisata tak terlupakan dari Kabupaten Pati.

Apakah kamu penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1Pantai Banyutowo

say-nisa.blogspot.com

Kamu menyukai suasana sejuk dan segar dari pantai dan laut? Jika kakimu telah melangkah masuk ke Kabupaten Pati, jangan lupa untuk mengunjungi pantai yang satu ini.

Namanya Pantai Banyutowo. Walaupun namanya sama dengan Pantai Banyutowo dari Wonogiri, namun lokasi dan keindahan pemandangannya jelas beda.

Baik Banyutowo dari Wonogiri maupun dari Pati masing-masing memiliki kekhasannya tersendiri.

Pantai Banyutowo ini jika kamu berada di pusat Kabupaten Pati, kamu bisa menempuhnya dalam jarak 36 Km. pantai ini terletak di Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti.

Di pantai ini, kamu akan menemukan panorama alami dari pantai yang lengkap dengan pemandangan beberapa perahu nelayan dan para nelayan yang sedang beraktivitas dengan pekerjaannya.

2Air Terjun Tadah Hujan

www.youtube.com

Nah, untuk spot yang satu ini, wajib dikunjungi oleh kamu yang mencintai pemandangan alam dari nuansa pegunungan.

Air Terjun Tadah Hujan memiliki keelokan pemandangan yang tak akan pernah bisa kamu lupakan. Suasana yang masih alami dan segar membuatmu betah berlama-lama berada di sana.

Air terjun ini terletak di Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo. Airnya mengalir dari kawasan Pegunungan Kendeng, dengan tinggi sekitar 75 meter. Luar biasa!

Namun yang saying adalah, saat musim hujan, kamu tidak akan bisa menikmati panoramanya dari dasar tebing karena air terjun ini bisasnya akan dipenuhi oleh air yang melimpah.

Hanya pada musim kemarau saja, saat airnya sedikit surut, kamu bisa turun ke dasar tebung dan menikmati keelokan air terjun ini sampai puas.

3Agrowisata Jolong

www.skyscrapercity.com

PT. Perkebunan Nasional IX atau PTPN IX mengelola sebuah perkebunan kopi yang sudah ada sejak zaman colonial Belanda di Kabupaten Pati.

Nama perkebunan kopi ini adalah Agrowisata Jolong.

Perkebunan ini terletak di ketinggian antara 500-800 Mdpl. Dengan ketinggian tersebut, kemudian suasana yang segar dan alami, tempat ini menjadi favorit wisata bagi beberapa traveler.

Selain di sini kamu juga bisa menemukan pemandangan tebing yang indah, air terjun dan sungai kecil yang cantik, kamu juga bisa menuju puncak Gunung Muria dari jalur Agrowisata Jolong ini.

Beberapa puncak Muria yang bisa kamu tuju dari jalur ini adalah Puncak Songolikur (Saptorenggo) dan Puncak Argojembangan. Jadi kalian para pendaki, berminat mengunjungi Agrowisata ini?

4Goa Pancur

maestroclevero.blogspot.com

Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Kabupaten Pati namun tidak mampir ke tempat wisata yang satu ini.

Namanya Goa Pancur. Sebuah spot wisata yang masih sangat alami, dan menawarkan sensasi menakjubkan tersendiri.

Kamu bisa mencoba keberanianmu menyusuri goa yang gelap, dengan stalagtit dan stalagmit yang menjadi aksesoris alaminya, lewat wisata ini.

Goa Pancur memiliki panjang sekitar 700 meter dan dialiri oleh air setinggi pinggang. Untuk kamu yang ingin mencoba menyusurinya, kamu harus siap-siap berbasahan ria dan membawa baju ganti.

Namun ada bonus menakjubkan juga dari spot ini, yaitu sumber air panas yang bisa menyajikan sensasi hangat untukmu.

Bagaimana? Apakah kamu tertari untuk mengunjungi Kabupaten Pati?

Jangan menunda-nunda lagi, begitu ada kesempatan berlibur, segera atur rencanamu untuk mengunjungi kabupaten yang juga berjuluk sebagai Kota Manggis ini.

Selamat berlibur!