Obrolan tentang film layar lebar berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk beberapa hari ini kembali mencuat di permukaan. Walaupun diproduksi dan diluncurkan pada tahun 2013 lalu, film yang dibintangi oleh beberapa bintang film kenamaan Indonesia ini masih begitu lekat dalam ingatan.

Apalagi setelah ditayangkan kembali oleh salah satu stasiun televisi nasional pada hari Sabtu tanggal 2 Januari lalu. Film ini kembali menjadi trending topik di jagad sosial media dan bisa dikatakan layak menjadi salah satu karya terbaik anak bangsa.

Berikut ini lima alasan film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk begitu sulit dilupakan.

1Diadaptasi dari Novel Sastra Karya Buya Hamka

rizkywinaya.blogspot.com

Siapa tidak kenal dengan sosok Buya Hamka. Beliau adalah seorang tokoh nasional, ulama, juga sastrawan yang sangat disegani semasa hidupnya. Novel berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk merupakan salah satu karya sastra beliau yang melegenda hingga ini.

Novel ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1938. Banyak kisah yang terangkai dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk diadaptasikan dalam film dengan judul yang sama tersebut.

2Keindahan Dialog dan Dialek

layar-tancep.com

Karena skrip naskahnya banyak disadur dari novel aslinya, sehingga dalam film ini banyak terdapat dialog yang indah untuk dituturkan oleh para pemainnya. Berlatar budaya Minang yang memang dikenal sebagai budaya yang suka menyampaikan ungkapan lewat lantunan pantun dan gurindam.

Percampuran kebudayaan Minang dan Makassar menjadikan film ini semakin indah. Kamu akan menyadari kekayaan bangsa Indonesia melalui bahasa yang digunakan dalam film ini.

3Efek Visual yang Memikat

teh-nca.blogspot.com

Butuh usaha yang tidak sedikit dilakukan oleh Sunil Soraya sebagai sutradara untuk membangun setting lawas dalam film ini.

Sampai-sampai, rumah produksi Soraya Intercine Films membuat kapal khusus untuk syuting film ini. Sentuhan akhir CGI juga menambah kesan lawas film ini sehingga makin memikat penonton.

4Totalitas Peran Herjunot Ali, Reza Rahardian dan Pevita Pearce

merdeka.com

Ketiga aktor dan aktris pemeran utama film ini memang memiliki kemampuan akting yang luar biasa. Ditambah lagi dengan make up dan wardrobe yang mereka gunakan sangat mendukung akting mereka dalam mendapatkan atmosfer berkesan lawas dalam film.

5Soundtrack yang Menyayat Hati

musica.id

Tidak salah jika grup band Nidji kembali dibesut untuk menyajikan sebuah lagu soundtrack sebuah film. Sebagaimana beberapa film yang soundtracknya pernah mereka bawakan. Seperti film Laskar Pelangi.

Dengan soundtrack karya mereka dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk yang menyayat hati, para penonton diajak memahami dengan lebih mudah gambaran suasana dan karakter dalam film ini.