Kehamilan tidak hanya berkaitan erat dengan pantangan dan fakta, tapi ternyata mitos juga ikut bersuara di sini. Ada yang percaya dan ada pula yang tidak percaya bahkan tidak tahu sama sekali.

Biasanya penyebar mitos ini adalah orang-orang tua yang lahir pada zaman dahulu. Secara turun-temurun mereka mengatakan pada anak cucunya sebagai bentuk nasihat. Uniknya, beberapa di antaranya terpengaruh.

Tapi, sebenarnya, mitos tersebut tidak benar. Beberapa di antara mitos itu cenderung mendatang kan dampak sebaliknya bagi sang bayi.

Ingin tahu lebih jauh mitos apa sajakah yang sering beredar di masyarakat? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1Warna Kulit Janin Ditentukan oleh Makanan

merries.co.id

Bagaimana kedengarannya mitos ini? Sangat menggelikan bukan? Menurut kepercayaan yang menyebar, jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi maka janinmu ketika lahir akan berwarna gelap.

Guys, mitos tersebut tidak benar. Makanan sama sekali tidak ada pengaruhnya terhadap warna kulit janin yang akan lahir.

Secara ilmiah dapat dibuktikan bahwasanya faktor genetiklah yang berpengaruh terhadap warna kulit janin.

2Kebiasaan Ibu Menentukan Jenis Kelamin Bayi

mywapblog.com

Mitos ini yang paling sering terdengar di daerah pedalaman hingga era digital sekarang. Konon, jenis kelamin bayi bisa ditentukan dengan cara melihat kebiasaan sang ibu.

Misalnya, si ibu gemar berdandan, diyakini jenis kelamin bayinya adalah perempuan. Kalau si ibu suka jalan-jalan dan tidak pernah dandan, berarti berjenis kelamin laki-laki.

Padahal, jenis kelamin hanya bisa dipastikan melalui pemeriksaan USG. Jadi, kebiasaan berpengaruh terhadap jenis kelamin sebenarnya hanyalah mitos belaka.

3Makanan Pedas Memicu Kelancaran Persalinan

eflin222.blogspot.com

Tidak ada fakta yang dapat membuktikan mitos yang satu ini. Pasalnya, bukannya lancar, malah bisa mendorong buang air besar ketika menjelang persalinan. Banyak makan pedas tentunya berakibat perut jadi mulas.

Mitos tersebut sama saja dengan mitos tentang minum air kelapa untuk memperlancar persalinan. Namun, terlepas dari fakta ilmiah atau hanya mitos, hingga detik ini masih banyak masyarakat yang percaya.

4Jangan Mengangkat Tangan di Atas Kepala

k9866.com

Mitos berkata bahwa ketika si ibu mengangkat tangan ke atas saat melahirkan akan membuat sang janin terlilit tali pusat. Tidak fakta yang membenarkan mitos tersebut.

Pada kenyataannya, kurang lebih 20-25% bayi terlahir dalam kondisi terlilit tali pusat. Kalau panjang tali pusatnya lebih dari 1 meter, tidak menutup kemungkinan potensi terlilitnya lebih besar.

Terlebih jika janin selalu aktif sejak di kandungan hingga proses keluar. Jadi, sama sekali tidak ada kaitannya dengan posisi tangan sang ibu.

5Mengumumkan Kehamilan Sebelum Usia 3 Bulan

rspkt.com

Sebagian masyarakat masih percaya bahwa mengumumkan kehamilan sebelum usia 3 bulan berpotensi menyebabkan keguguran.

Sebenarnya, mitos tersebut hanya soal sugesti saja. Ingat lho, hukum tarik-menarik tetap berlaku sampai kapan pun. Jika kamu tersugesti, maka apa yang kamu pikirkan akan benar-benar terjadi.

Justru kamu harus mengumumkan kabar gembira itu kepada banyak orang. Tujuannya, kalau ada sesuatu yang terjadi pada kamu, ada orang-orang yang akan bersegera memberikan pertolongan.

Jadi, jangan takut mengumumkan kehamilanmu ya!

6Cara Bersalin Ditentukan dari Posisi Tidur

davitraekapermana.wordpress.com

Pendapat ini antara mitos dan fakta. Mitosnya, posisi tidur berpengaruh terhadap cara bersalin nantinya. Tapi, faktanya pada kehamilan trimester terakhir, kamu disarankan tidur dengan posisi miring.

Tidur miring tersebut ditujukan agar pembuluh darah utama tidak tertekan oleh janin. Dengan demikian, sirkulasi darah akan tetap lancar.