ALLAH SWT menciptakan sesuatu di dunia ini memang ada hikmahnya, ada manfaatnya, bahkan hewan lalat sekecil itupun ada gunanya. Jika ada anggapan tidak ada gunanya, maka manusia hanya belum menemukan saja.

Di era moderen seiring perkembangan zaman, tahap demi tahap akhirnya mulai terkuak tentang kegunaan ciptaan ALLAH SWT, salah satunya adalah lalat.

Jauh sebelum itu memang sudah disebutkan dalam hadist rasulullah tentang hewan kecil ini, penasaran tentang lalat? Yuuk disimak

1Fakta Tentang Lalat

akhwatindonesia.net

Lalat merupakan hewan kecil yang dianggap menggangggu manusia, karena ia sering hinggap dimakanan dan seperti memberi sesuatu pada makanan tersebut.

Lalat juga dianggap hewan yang jorok, karena dia mengerumuni bangkai atau darah, tak sedikit manusia yang tidak suka pada hewan ini.

2Hadist Rasulullah Tentang Lalat

pedulisehat.info

Hadist yang diriwayatkan Bukhari, Rasulullah SAW memerintahkan agar umatnya membenamkan lalat yang masuk ke minuman kemudian membuangnya.

Pada hadist tersebut dijelaskan jika di salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap yang satunya terdapat penyembuhnya.

Pada masa awal  sepeninggal Nabi  Muhammad SAW, hadist ini menjadi perdebatan para sahabat karena belum ada teknologi untuk  pendukung kebenaran hadist tersebut.

Soalnya lalat memang terkenal sebagai serangga yang cukup menjijikan apalagi jika bersentuhan dengan makanan atau minuman.

3Pembuktian Ilmiah

saibumi.com

Dokter dari Australia, Joan Clark melakukan penelitan tentang lalat dan membuktikan kebenaran hadist yang diungkapkan Nabi Muhammad.

Dokter joan menemukan, di dalam lalat terdapat antibiotik, yang dimana itu membuat lalat tidak terkena penyakit dari tubuhnya sendiri.

Joan Clark menambahkan, setiap satu sayap lalat mengandung satu gen refilin. Gen ini memiliki fungsi pada industri dan kesehatan. Sebagai fungsi industri, gen refilin bermanfaat sebagai bahan elastis yang lebih kuat dari semua jenis karet di dunia.

Gen refilin mempunyai daya dorong dan daya tekan yang sangat kuat serta daya pental yang demikian dahsyat dan itu ada pada sayap seekor lalat dan serangga lain.

Sementara fungsi gen refilin sebagai penyembuh adalah untuk mengobati berbagai penyakit pada syaraf seperti syaraf arteri, pada syaraf – syaraf meina.

4Penelitian Lain

filsafat-ilmu-fakta-dunia.blogspot.com

Penelitian tidak hanya berhenti pada dokter Joan. Peneliti lain kemudian mengembangkan penelitian tentang lalat.

Hasil penelitian itu malah menunjukkan fakta lebih rinci, yaitu cara terbaik mengeluarkan zat antibiotik pada lalat adalah dengan cara mencelupkannya ke dalam air. sebab, zat antibiotik tersebut terletak di  permukaan luar tubuh dan sayapnya.

Setelah penelitian tersebut, banyak sekali dokter dari belahan dunia yang memanfaatkan lalat sebagai obat dan terapi kesehatan.

Luar biasa! Rasulullah yang dahulu tidak ada alat canggih, tapi ternyata semua yang dikatakannya benar, jadi lalat yang masuk ke dalam minuman, ditenggelamkan sekalian, agar penawar juga masuk ke dalam air untuk menangkal dari bakteri yang masuk.

Rasulullah Muhammad SAW memang manusia terpilih, atas petunjuk dari Allah SWT sebagai sang Maha Pencipta segala sesuatu dan Maha Mengetahui akan seluk beluk ciptaanNya.

Wallahu’alam bishawab dan semoga menambah iman kita.