“Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air (hujan) dari langit, kemudian dengan (air hujan) itu Dia mengeluarkan berbagai buah-buahan sebagai rezeki untukmu….” (QS Ibrahim 32).

Bumi sebagai tempat tinggal manusia merupakan bagian dari alam semesta raya ciptaan Allah. Bumi megalami berbagai peristiwa alam sejak zaman Nabi Adam sampai saat ini.

www.mahessa83.blogspot.com
www.mahessa83.blogspot.com

Salah satu peristiwa yang membuat manusia bertanya-tanya adalah bagaimana proses pembentukan bumi? Ada beberapa teori yang membahas proses pembentukan bumi.

Teori-teori ini diajukan oleh para ilmuwan dengan berbagai penelitian dan pengumpulan fakta ilmiah. Berikut ini beberapa teori pembentukan bumi yang akan membuatmu takjub akan kebesaran Allah.

1Teori Genangan Air

www.alievindrayana.blogspot.com

Teori ini merupakan teori terbaru yang diungkapkan oleh para ilmuwan di Georgia Institute of Technology. Teori ini mengibaratkan pembentukan bumi dengan genangan air yang mengering di bawah sinar matahari.

Genangan air ini kemudian kembali membentuk genangan saat hujan turun. Mereka mengatakan bahwa kandungan amino dan hidroksi tergabung dan bergerak pada siklus basah dan siklus kering.

Keberjalanan waktu menyebabkan siklus ini lama kelamaan menciptakan reaksi kimia pembentukan polipeptida. Mereka masih terus melakukan penelitian dengan membuat polipeptida kompleks dalam skala laboratorium dengan 20 siklus basah dan kering.

Penelitian ini juga dipublikasikan di jurnal ilmiah Applied Chemistry.

2Teori Kant-Laplace

www.geografikelasx.blogspot.com

Teori ini disebut juga sebagai teori kabut Kant-Laplace. Teori kabut diajukan oleh Immanuel Kant (1755) dan Piere de Laplace (1796). Inti dari teori ini adalah bahwa alam semesta berasal dari suatu gas yang berkumpul dan menjadi kabut.

Gas-gas tersebut memiliki gaya tarik menarik yang kemudian menjadi kabut yang sangat besar dan juga berputar semakin cepat. Pada proses perputaran ini materi kabut di bagian khatulistiwa terlempar dan memisah.

Materi yang terlempar ini kemudian membentuk planet-planet dalam tata surya karena mengalami pendinginan.

3Teori Planetesimal

www.mirza-shahreza.blogspot.com

Hipotesis dari teori planetesimal mengatakan bahwa matahari terdiri atas suatu massa gas yang sangat besar sekali. Kemudian matahari didekati oleh sebuah bintang lainnya yang melintas sangat cepat mendekati matahari.

Oleh karena terdapat 2 bintang yang berdekatan dan terjadi gaya gravitasi dari bintang asing tersebut, maka sebagian massa gas matahari tertarik keluar. Ada massa gas yang berada pada lintasan bintang asing.

Namun, ada juga massa gas yang berputar mengelilingi matahari. Massa gas yang mengelilingi matahari ini lama kelamaan menjadi dingin dan membentuk cincin yang lama kelamaan menjadi padat atau disebut planetisimal.

Beberapa planetisimal saling tarik menarik dan bergabung menjadi satu membentuk planet termasuk juga planet bumi

4Teori Pasang Surut Gas (Tidal)

www.andabertanyaateismenjawab.wordpress.com

Ilmuwan yang mengenalkan teori ini adalah James Jeans dan Harold Jeffreys pada tahun 1918. Teori ini mengatakan bahwa sebuah bintang besar mendekati matahari dalam jarak yang cukup dekat.

Hal ini menyebabkan pasang surut di tubuh matahari yang masih dalam kondisi gas. Pasang surut ini jauh lebih besar dibandingkan pasang surut yang sering kita lihat di laut.

Terbentuk seperti gunung-gunung gelombang yang sangat besar di tubuh matahari yang disebabkan gaya gravitasi dari bintang asing. Gunung tersebut membentuk seperti lidah pijar yang sangat besar.

Lidah pijar menjulur dari massa matahari dan merentang ke arah bintang besar. Pada lidah pijar terjadi perapatan gas-gas dan pada akhirnya kolom-kolom gas tersebut pecah. Pecahan kolom gas berpisah dan membentuk planet-planet.

Bintang asing lama kelamaan menjauh dan berjalan ke jagat raya. Planet-planet ini kemudian berotasi sekaligus mengelilingi matahari. Lama kelamaan planet ini mengalami pendinginan dan salah satunya membentuk bumi.

www.smartgeo.gnomio.com
www.smartgeo.gnomio.com

Hanya Allah yang tahu kebenaran teori pembentukan bumi. Kita sebagai manusia ditugaskan untuk menjadi khalifah di muka bumi.

SHARE