Penyakit gagal ginjal adalah salah satu jenis penyakit kronis yang tak dapat disembuhkan. Jika ada kata pengbatan atau terapu, tujuan utamanya sesungguhnya adalah untuk menghambat pertumbuhan penyakitnya.

Selain itu terapi pada gagal ginjal yang bersifat kronis juga ditujukan untuk meredakan rasa sakit yang dirasakan oleh penderitanya.

Gagal ginjal sendiri terjadi karena adanya kegagalan fungsi di salah satu ginjal, sehingga dia tidak bisa menjalankan fungsi-fungsinya dengan sebagaimana mestinya.

Nah, untuk terapi sendiri, harus dilihat dulu dari seberapa tingkat keparahan penyakit gagal ginjal ini. Namun memang untuk umumnya ada 7 terapi yang biasa dilakukan terhadap penyakit ini.

Yang pertama adalah menjaga tekanan darah dari si Penderita. Tekanan darah pada penderita diusahakan untuk tetap normal, karena jika tekanan darahnya tinggi akan semakin memicu kerusakan ginjal.

Untuk terapi ini, biasanya penderita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang rendah garam dan diet berat badan atau biasanya dianjurkan mengkonsumsi obat anti hipertensi.

Yang kedua adalah perubahan gaya hidup yang harus dilakukan oleh penderita, menjadi gaya hidup sehat, dengan makan makanan bergizi, banyak olahraga, menghindari rokok, alkohol, dan sebagainya.

Yang ketiga adalah melakukan perbaikan keseimbangan fosfat untuk penderitanya. Karena memang salah satu fungsi ginjal adalah menampung kelebihan fosfat yang dihasilkan oleh tubuh.

Namun bagi pengidap penyakit gagal ginjal, kelebihan fosfat ini justru akan semakin memperparah kondisi kerusakan ginjal.

Sehingga untuk mengurangi kelebihan fosfat dalam tubuh, penderita dianjurkan mengkonsumsi obat pengikat fosfat, yaitu kalsium karbonat.

Yang keempat, penderita diterapi dengan aspirin untuk menjaga jantungnya agar tidak terkena efek dari penyakitnya tersebut.

Yang kelima penderita diterapi dengan mengkonsumsi obat diuretic seperti furosemida untuk mengurangi kelebihan cairan akibat kerusakan ginjalnya.

Yang keenam, penderita diterapi dengan berbagai zat besi dan vitamin D untuk menjaga kekuatan tubuh. Dan jalan terapi terakhir adalah dengan cuci darah, jika memang kerusakan ginjal sudah sangat parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here