tabloidnova.com

Terapi Ini Ampuh Untuk Mengatasi Hipertensi

Posted on

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi kesehatan serius yang mungkin bisa terjadi di luar kendali.

Hipertensi ditandai dengan peningkatan pada tekanan darah kronis dan terjadi daalm waktu yang lama.

Adalah hal yang cukup membahayakan, jika hipertensi tidak segera diatasi. Tekanan darah yang meningkat merupakan salah satu pemicu terjadinya stroke, serangan jantung, dan gagal jantung.

Untuk mengatasi hipertensi, penderita hipertensi dapat melakukan terapi. Tidak perlu mahal,kamu dapat melakukannya di rumah dan cukup mudah serta murah.

Lakukan jalan kaki secara rutin. Berjalan kaki selama 20 menit dalam waktu 3 hari dalam seminggu memiliki fungsi menurunkan tekanan darah secara stabil.

Akan lebih baik jika kamu mampu menambah durasi jalan kaki.

Selanjutnya lakukan latihan olah tubuh dua kali seminggu. Melakukan olah tubuh atau olahraga sangat menyehatkan tubuh.

Dengan melakukan olahraga minimal 30 menit sehari dapat menurunkan tekana darah secara signifikan.

Olahraga yang bisa kamu lakukan seperti push-up, sit-up, ataupun berajalan, berlari, berenang dan bersepeda.

Selain  itu, dari segi makanan. Kita tahu bahwa makan makanan yang terlalu banyak mengandung garam dapat meningkatkan hipertensi.

Maka dari itu salah satu terapi yang ampuh untuk menurunkan hipertensi adalah mengurangi asupan garam dengan tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam.

Garam banyak ditemukan pada makanan junk food, makanan ringan kemasan, atau makanan olahan santan dan gorengan.

Menurut penelitian dari Dietary Guidelines for Americans, orang yang mengalami hipertensi harus mencukupi kebutuhan kalium dalam diet mereka.

Sumber makanan dengan kalium tinggi antara lain ada pada pisang, jus jeruk, kentang panggang dengan kulit, dan yogurt rendah lemak.

Menurunkan berat badan juga merupakan langkah yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Obesitas berpengaruh terhadap kerja ginjal yang begitu berat dan berujung pada terganggunya sistem metabolisme dan hipertensi.

Secara psikis juga perlu diterapi dengan mengelola stres. Jika kamu dapat mengelola stres dengan baik dan efektif maka dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Selain itu kurangi dan hentikan kebiasaan merokok karena kandungan nikotin di dalam rokok dapat mengakibatkan lonjakan tekanan darah sementara.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi hipertensi. Lakukan cara tersebut dengan rutin agar tekanan darah stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *