Insomnia adalah satu penyakit atau bisa juga dianggap kebiasaan yang sangat merugikan kesehatan seseorang.

Insomnia tersebut adalah kondisi seseorang dimana dia akan mengalami kesulitan tidur di malam hari, sehingga membuatnya terpaksa begadang dan akhirnya semakin menurunkan kesehatan fisiknya.

Ada beberapa sebab dari kondisi insomnia yang dialami oleh seseorang, beberapa di antaranya adalah karena faktor pola hidup tak sehat, banyak mengkonsumsi makanan tak sehat, serta karena pengaruh psikis.

Seseorang yang terlalu banyak begadang atau tidur amat larut di malam harinya, akan banyak mengalami gangguan di sistem organ dalam tubuhnya.

Dampaknya dia bisa dengan mudah terkena beberapa penyakit baik akut maupun kronis yang pelan-pelan akan merenggut kesehatan dan tentu kemampuannya beraktivitas.

Selain itu, orang yang terlalu banyak begadang di pagi atau siang harinya akan menjadi kurang tenaga dan semangat, dia lemas namun tak bisa istirahat.

Nah, untuk mengobati insomnia yang semakin parah jika dibiarkan, maka memang kamu harus melakukan beberapa terapi.

Jangan terburu-buru dulu mengkonsumsi obat tidur karena justru itu bisa membuatmu ketagihan. Karena ada beberapa langkah alami dan sederhana dari terapi insomnia yang bisa kamu coba.

Yang pertama adalah terapi dengan pola hidup sehat, seperti banyak berolahraga dan menyibukkan diri dengan aktivitas yang padat namun tetap ingat istirahat dengan seimbang.

Kondisi tubuh yang agak lelah setelah beraktivitas bisa membantu terdorong untuk mengantuk di malam harinya, asal benar-benar menyiapkan diri untuk segera tidur, bukan malah menonton film.

Yang kedua adalah pola makan yang sehat dan seimbang bisa menjaga kondisi tubuh tetap kuat dan stamina tubuh tetap baik.

Yang ketiga adalah mengkonsumsi minuman hangat dan mengurangi makanan berat sebelum tidur, hal tersebut dipercaya oleh para ahli bisa segera merangsang kantuk di malam hari.

Yang keempat adalah banyak berdo’a dan mengingat Tuhan, minta ampun pada Tuhan sebelum kita tidur.

Semoga tidurmu bisa semakin nyenyak ya!