Jika kamu punya banyak waktu luang saat liburan, tapi belum ada agenda apapun yang akan kamu lakukan, maka membuat miniatur taman menjadi pilihan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Miniatur taman seperti apa yang bisa kamu buat? Kamu bisa membuat taman berbentuk terarium, taman air mini ataupun kamu juga bisa menggabungkan keduanya. Nantinya miniatur taman ini bisa kamu gunakan sebagai dekorasi rumahmu.

Biasanya untuk membuat terarium, kamu membutuhkan wadah kaca yang bening, di mana kamu bisa melihat apa yang ada di dalam. Untuk membuat terarium tidak ada aturan tertentu, kamu hanya perlu bermain dengan imajinasimu.

Nah pertanyaannya, apa yang kamu butuhkan untuk membuat miniatur terarium ini? Bahan-bahan yang kamu butuhkan seperti yang tercantum pada gambar di bawah ini.

analogme.typepad.com
analogme.typepad.com

Oh, ternyata itu ya bahan-bahan untuk membuat miniatur terarium. Kita hanya perlu menyediakan tanah, kerikil, lumut, arang, dan wadah dari kaca. Untuk wadah kacanya bentuknya bisa bermacam-macam ya!

Lalu, cara membuatnya bagaimana? Sebelum kamu meletakkan tanaman di miniatur kamu, maka kamu perlu menyusun bahan-bahan yang ada di gambar itu dalam beberapa lapisan.

Lapisan yang paling bawah bisa kamu letakkan kerikil, lalu atasnya lagi kamu perlu meletakkan arang dan di bagian yang paling atas kamu bisa meletakkan tanah yang sudah kamu campur dengan lumut.

Gampang kan membuat media tanam terarium ini? Setelah selesai berkutat dengan media tanamnya, maka sekarang kita akan lihat model-model terariumnya. Semoga saja bisa memberi inspirasi. Kita lihat yuk!

1Miniatur Air Terjun

interiordesignideasforhome.com

Mungkin inilah yang dimaksud gabungan antara miniatur taman air dan miniatur kebun, yaitu miniatur air terjun dengan tumbuhan-tumbuhan di sekitarnya. Indah sekali ya? Sekilas nampak seperti air terjun sungguhan.

Eh, tapi itu airnya berasal dari mana ya? Sepertinya ada alat yang digunakan supaya airnya berputar, memompa dan mengalirkan air tersebut. Sehingga kita akan melihat sensasi air mengalir yang menyerupai air terjun.

2Taman Air

confessionsofasineater.blogspot.mk

Kalau kamu ingin selalu menikmati pemandangan taman air di dalam rumahmu, maka kamu bisa membuat terarium dengan konsep taman air seperti ini.

Tanaman-tanaman air dalam wadah mini ini bisa kamu simpan di meja makan atau di meja kerjamu. Sehingga dengan warna hijaunya membuat hidupmu selalu fresh setiap saat.

3Taman Peri yang Mini

ladydarwin.com

Kamu pasti suka atau pernah lihat film tentang peri kan? Kalau pernah lihat pasti kamu tahu kalau peri itu berukuran mini dan tentu saja rumah dan semua hal di sekitar peri juga berukuran mini.

Nah, konsep terarium pada gambar ini sepertinya terinspirasi dari tokoh peri. Sehingga pembuatnya menyediakan meja dan kursi kecil di antara taman di dalam terariumnya.

4Terarium Spice Jar

corporate.target.com

Jika di rumah kamu terdapat wadah-wadah kecil yang sering kamu gunakan untuk bumbu dapur, maka kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat terarium super mini seperti gambar di atas.

Imut-imut banget kan terariumnya? Selain bisa kamu simpan di kamarmu, kamu pun bisa membawa terarium ini ke tempat kerja kamu. Tentunya dengan melihat terarium mini ini, akan membuat kamu selalu bersemangat. Soalnya lucu.

5Cangkang Telur Pun Bisa Kamu Buat Terarium

columbuspubliclibrary.info

Selain menggunakan wadah berbahan kaca, terarium pun bisa kamu buat dari cangkang telur lho. Jadi kalau kamu habis mengonsumsi telur, maka kamu bisa memanfaatkan cangkangnya. Menarik sekali kan ide yang satu ini?