flickr.com

Inilah 5 Jenis Pelangi Langka Beserta Cara Terjadinya

Posted on

Kalau membayangkan tentang bentuk pelangi, pasti yang ada di pikiran kita adalah pelangi melengkung setengah lingkaran. Warnanya seperti yang sering kita pelajari dengan singkatan mejikuhibiniu, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Pelangi sendiri terbentuk karena adanya pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di atmosfir. Saat sinar matahari melewati tetesan air, cahaya akan dibengkokkan sedemikian rupa sehingga terurai menjadi banyak warna spektrum.

Di saat cahaya matahari melalui butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah dapat melihat warna yang berbeda, memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya.

colango.com
colango.com

Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada panjang gelombangnya. Dari perbedaan panjang gelombang itu, akan memunculkan beragam warna pada pelangi yang biasa kita lihat.

Begitulah terjadinya pelangi dalam penjelasan sederhana. Namun soal bentuk dan warna, tidak sesederhana yang kita kira. Ada berbagai bentuk pelangi yang berbeda dari biasanya.

Inti kejadiannya sama, yakni antara pantulan cahaya dan titik air. Tetapi dengan proses yang sedikit berbeda, sehingga bentuk pelanginya pun tidak sama. Dari sini lalu kita ada keragaman jenis pelangi.

Apa saja jenis pelangi yang berbeda dari biasanya itu? Simak uraian berikut ini.

Pelangi Bulan

shiohapou.blogspot.com
shiohapou.blogspot.com

Kapan biasanya kita melihat pelangi? pasti antara pagi, siang sampai sore hari, ketika cahaya bersumber langsung dari sinar matahari.

Ternyata pelangi juga bisa terjadi di malam hari. Itu terjadi ketika cahaya bulan yang dibiaskan oleh butiran air hujan, lalu membentuk warna lain seperti pelangi, makanya disebut pelangi bulan.

Cahaya bulan ini tentu juga bukan berasal dari bulan itu sendiri, namun juga pantulan dari sinar matahari. Pelangi bulan hanya terjadi saat bulan purnama atau mendekati purnama, karena saat itulah bulan bersinar terang.

Bukan hanya bersinar terang, pelangi bulan hanya terjadi jika posisi bulan berada pada titik terendah yaitu sekitar kurang dari 42 derajat di langit. Lalu hujan turun berlawanan arah dengan bulan pada saat langit telah gelap.

Karena itu pelangi bulan ini jarang terjadi disekitar kita. Saat terjadinya pun kita tidak selalu bisa melihat dengan sempurna spektrum warnanya, kecuali pada warna merah. Untuk melihat warna lainnya kamu perlu menggunakan alat pembantu.

Pelangi Ganda

flickr.com
flickr.com

Pelangi ganda terjadi akibat pembiasan cahaya yang terjadi dua kali pada media butiran air hujan. Posisi berdekatan dan sejajar dengan pelangi utama. Sebagai bentuk dari pembiasan ganda, warna yang muncul pada pelangi kedua berkebalikan dengan pelangi utama.

Warna ungu dan biru ada di luar lengkungan, sedang merah berada di sisi dalam lengkungan. Sebagai bentuk biasan, pelangi kedua biasanya lebih pudar warnanya dibandingkan pelangi utama.

Pelangi Awan

taotauajer.blogspot.com
taotauajer.blogspot.com

Kali ini kita beralih ke pelangi diluar mainstream. Menyebut pelangi tidak melulu berbentuk lengkungan, tapi ada juga yang berbentuk acak seperti pelangi awan.

Bentuk pelangi awan mengikuti bentuk dari awan. Pelangi ini muncul karena adanya butiran-butiran air di awan sebelum terjadinya hujan.

Pelangi Api

sosboks.blogspot.com
sosboks.blogspot.com

Walau namanya pelangi, bukan lantas berasal dari api. Pelangi api adalah sebuah fenomena optik yang dibentuk dari kristal es berwujud piring yang berada di sekitar awan cirrus yang melingkar.

Ketika sinar matahari menerpa dari posisi tertentu, jadilah kristal-kristal es yang terkena awan cirrus menjadi berwarna.

Roda Pelangi

epod.usra.edu
epod.usra.edu

Bentuk pelangi seperti pelangi biasa, namun bedanya ada garis-garis lurus seperti membentuk jeruji roda. Pelangi ini terjadi saat awan hitam atau hujan deras muncul seketika dalam waktu yang singkat, sehingga menghalangi cahaya matahari.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *