Ternyata Bayi Juga Butuh Dipijat, Kenapa ya?

Posted on

Merawat bayi tidak hanya memandikan, menyusui dan menemaninya saja. Namun ternyata bayi juga perlu perhatian khusus agar tidak sering menangis. Salah satu penyebabnya karena bayi belum bisa berbicara, dan menangis dianggap salah satu cara untuk mengungkapkan perasaannya, entah ketika sedang gelisah, khawatir, tegang atau menginginkan sesuatu. Banyak sekali ya alasan bayi menangis.

Menurut penelitian diyakini bahwa bayi dapat mengenali anda melalui kontak verbal dan non verbal. Tidak aneh jika ia akan lebih dekat dengan seseorang yang menemaninya setiap hari. Ingin hubungan batin anda dengan sang bayi lebih dekat? Anda bisa lakukan pijatan pada bayi anda!!! Mau tau langkah-langkah memijat bayi?

Ketahui terlebih dahulu tentang manfaat pijat bayi, diantaranya :

1. Menambah berat badan

2. Memberi kestabilan kinerja otak

3. Lebih cepat tidur

4. Tidak gampang menangis

5. Tubuh bayi bisa lebih rileks

6. Mengurangi rasa nyeri saat tumbuh gigi

Selain itu bayi akan belajar bahasa non verbal. Bagaimana? Banyak kan manfaatnya. Untuk bayi yang baru umur 5 bulan, lebih baik sudah mulai diberi pijatan dengan durasi 10 menit. Untuk bayi di atas 9 bulan perlu menambahkan durasi pijatan menjadi 20 menit. Gunakan minyak bayi agar terhindar dari gesekan kulit.

Bagaimana dengan tenaga memijatnya?

kiki widyasari

Anda harus sensi dengan ekspresi bayi, karena kadar sensitifitas bayi berbeda-beda. Hal ini akan membantu anda mengetahui lewat ekspresi bayi anda bila kesakitan. Ingat, tekanan pijat tidak berlebihan, sensitifitasnya tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Untuk bayi, saya menyarankan untuk diberi sedikit saja tekanan, seperti menyentuh namun agak diberi sedikit tenaga.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum memulai memijat bayi?

Pijat bayi anda di lingkungan yang hangat, pastikan AC atau kipas dalam kamar anda sedang dimatikan dan pastikan alas bayi tebal untuk memberi kehangatan pada bayi. Anda bisa bersenandung atau sambil mendengarkan musik ketika sedang memijat. Oh ya, pastikan tangan anda sudah higienis. Bila sedang memijat, hindari gesekan dengan gerakan cepat.

Sudah siap?

1. Tangan

pijat bayi

Dimulai dari telapak tangan sang bayi, pijat dengan kedua ibu jari anda dengan arah vertikal, lanjut ke bagian punggung tangan menuju jari-jari si kecil. Lanjut ke bagian lengan, dimulai dari lengan pijat kebawah hingga mengenai jari-jarinya. Kemudian lakukan gerakan memeras pada lengan bayi, lakukan perlahan dan yakinkan tidak menyakiti bayi. Apa dengan permulaan ini bayi anda menikmatinya? Anda bisa memijat sambil mengajak ngobrol sang bayi, itu lebih bagus. Bila bayi mulai senang dengan pijatan anda, mulai ke langkah berikutnya.

2. Muka

Mulai pijatan dari tengah dahi menggunakan kedua ibu jari, pijat tengah kening manuju ke ujung halis, setelah itu pijat bulat-bulat pangkal hidungnya sampai ke ujung hidung. Lalu, di atas bibirnya pijat menuju ke pipi, seolah sedang membuat bayi seperti tersenyum. Lakukan hal yang sama di bawah bibirnya menuju ke pipi. Manfaat pijat muka memberi rileksasi pada sang bayi lho. Sama aja kek anda sedang senam muka, terasa nyamannya kan? Usahakan minyak tidak mengenai matanya.

3. Perut

pijat punggung bayi

Pijat perut dimulai dari bagian dada, pijat dengan bentuk love, lalu turun ke perut pijat dari atas ke bawah, bila bayi anda menyukainya, lakukan gerakan horizonal dan gerakan memutar sesuai arah jarum jam. Pijatan pada perut sangat bagus untuk melancarkan pencernaan dan menangkal bayi dari masuk angin.

 

 

4. Kaki

Dari bagian perut lanjut ke daerah kaki, pijat telapak kaki dengan menggunakan kedua ibu jari hingga menuju ke jari-jari kecilnya. Setelah itu, pijat pangkal kakinya dengan gerakan memeras lagi menuju ke tumit kaki. Pijatan pada kaki, membantu mempercepat pertumbuhan pada anak anda. Selain itu, dapat merileksasikan otot-otot pada kaki. Bisa membuat bayi anda lebih cepat berjalan lho.

5. Punggung

Balikan badan bayi anda untuk melanjutkan pijatan ke daerah punggung. Pijat dengan gerakan searah jarum jam, selagi bayi anda tengkurap, anda dapat melanjutkan pijatan di daerah punggung ataupun kaki belakang. Caranya sama, dengan volume pijatan yang halus.

Simpel bukan? Pijat bayi lebih cocok dilakukan setelah bayi mandi.

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *