Apakah kamu penyuka hewan? Mungkin kamu memiliki hewan peliharaan di rumah. Tentu mereka yang suka akan hewan tertentu memiliki alasan tersendiri.

Ada yang suka hewan tertentu karena hewan tersebut memiliki ciri khas yang unik seperti memiliki warna yang menarik, suara yang merdu, tingkah yang lucu dan lain sebagainya.

Siapa yang tidak suka dengan hewan-hewan  lucu dan imut, yang memiliki warna bermacam-macam dan ukurannya tidak terlalu besar?

Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati dengan hewan-hewan lucu yang terkesan kalem berikut ini. Dibalik keberagaman warna tubuh mereka, bentuk tubuhnya yang mungil, siapa sangka ternyata mereka menyimpan ‘senjata ampuh’ untuk mempertahankan diri.

Bahkan bisa mematikan jika manusia tidak berhati-hati. Siapakah hewan-hewan tersebut? Yuk, simak uraian berikut ini.

Lumba-lumba

16 lumba
langbhu.com

Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang sangat ramah terhadap manusia. Banyak di antara kita yang suka akan lumba-lumba, terutama anak-anak.

Lumba-lumba juga sering unjuk gigi dengan berbagai keahliannya pada event-event tertentu seperti sirkus dan semacamnya.

Selain itu, ia juga cenderung melindungi manusia dari serangan ikan hiu. Meski demikian, lumba-lumba tetaplah hewan asing yang habitat aslinya di lautan, ia memiliki senjata pertahanan diri yang ampuh terutama saat mereka merasa terpojok

Beberapa penelitian menyatakan bahwa lumba-lumba ini cukup berbahaya bagi manusia. Terdapat beberapa kasus adanya kematian manusia yang disebabkan oleh lumba-lumba.

Katak Beracun

16 katak
hewanpedia.com

Katak ini berukuran kecil yakni tidak lebih dari 10 cm, tubuhnya memiliki warna yang mencolok dan menarik.

Katak yang hidup di Hutan Hujan Amazon, Brazil ini dikenal sangat berbahaya dan dapat membunuh manusia. Racunnya terletak pada kulitnya yang berwrna biru mencolok.

Biasanya racun pada kata ini juga sering digunakan oleh suku pedalaman Amazon yakni dipergunakan untuk melumuri senjata mereka.

Antler

16 antler
karounik.blogspot.com

Antler atau hewan pemakan semut adalah jenis hewan nokturnal. Sekilas hewan ini tidak begitu membahayakan sebab geraknya lambat.

Namun, perlu hati-hati dan waspada, saat mereka dalam keadaan terpojok, antler akan mengeluarkan senjatanya yang mematikan. Senjata tersebut berupa kuku-kuku yang sangat tajam mirip dengan dua buah pisau.

Ikan Puff 

16 ikan pauff
solosoloku.blogspot.com

 

Ikan Puff adalah salah satu ikan unik yang memiliki senjata berbahaya. Saat merasa terancam ikan ini menggembungkan dirinya. Munculah duri-duri dari tubuhnya, durinya tersebut mengandung racun jenis neurotoksin yang dapat melumpuhkan syaraf.

Anak Tikus

16 anaktikus
www.youtube.com

Siapa yang tidak tahu hewan mungil ini? Tahukah kamu, bahwa anak tikus dikenal cukup berbahaya di dunia.

Balik kelucuannya, hewan ini membawa berbagai parasit yang dapat menyerang manusia. Kutunya berpotensi menyembabkan kelumpuhan bahkan kematian.

Selain itu, anak tikus juga mengandung virus Hantavirus yang dapat menyebabkan demam parah sampai gangguan pernafasan.

Ternyata di balik kelucuannya hewan-hewan di atas memiliki senjata yang sangat berbahaya. Kita perlu berhati-hati, semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita.