Apa yang kamu ucapkan ketika akan memulai aktivitas? Sebagai umat Muslim kita dibiasakan untuk mengucapkan basmalah saat akan memulai sesuatu.

Tidak hanya itu, dalam beberapa kondisi lain kita juga sering mengucapkan kalimat-kaliamat tertentu.

Ternyata kalimat-kalimat sehari-hari yang sering kita ucapkan tersebut memiliki kemuliaan yang sangat luar biasa dihadapan Allah SWT dan dihadapan para malaikat.

Seorang ahli fiqh bernama Abu Laitsy mengatakan,

Barang siapa menjaga tujuh kalimat, maka dia adalah orang yang mulia disisi Allah dan di kalangan Malaikat, bahkan Allah mengampuni dosa-dosanya meskipun dosa itu sebanyak buih di laut, dan dia akan mendapatkan keharuman taatnya adalah hidup dan matinya menjadi baik.

Apa sajakah tujuh kalimat tersebut? Berikut ini ulasannnya.

Bismillah

27 bismillah
bismillahi22.blogspot.com

Bismillah memilki arti, “Dengan menyebut Nama Allah”. Dalam memulai segala kegiatan atau pekerjaan apapun, hendaklah kita memulainya dengan mengucapkan basmalah.

Agar apa yang kita kerjakan mendapatkan ridho dari Allah SWT dan diberi kemudahan serta kelancaran oleh-Nya.

Sebab segala sesuatu akan terjadi atas izin dari Allah, sebaiknya kita senantiasa meminta pertolongan-Nya.

Alhamdulillah

27 alhamdulillah
artikel.masjidku.id

Alhamdulillah artinya: ”Segala puji bagi Allah”. Ketika kita akan memulai suatu pekejaan atau aktivitas, kita dianjurkan membaca basmalah. Nah, seletah itu jika pekerjaan tersebut telah selesai maka kita dianjurkan untuk mengucapkan hamdalah.

Jadi ucapan “Alhamdulillah” diucapkan setiap selesai mengerjakan suatu pekerjaan. Selain itu, kalimat ini juga merupakan salah satu bentuk ucapan syukur kita kepada Allah SWT atas segela kenikamatan dan kasih sayang-Nya yang telah diberikan.

Ketika kita senantiasa bersyukur kepada Allah, maka semakin bertambah nikmat Allah yang akan diberikan kepada kita.

Astaghfirullah

27 Istighfar
buletinfkpontrenfikroh.blogspot.com

Astaghfirullah memiliki arti “Saya mohon ampun kepada Allah”. Setiap kali kita melakukan dosa atau keluar dari lisan kita kata-kata yang tidak terpuji maka sebaiknya mengucapkan istighfar.

Memang, manusia tidak luput dari dosa, kadang kita tidak menyadari bahwa kita telah melakukan dosa maka dianjurkan setiap harinya untuk senantiasa mengucapkan kalimat istighfar.

Insya-Allah

27 insya-allah
karenailmuitupetunjuk.blogspot.com

InsyaaAllah artinya “Jika Allah menghendaki”. Kita tidak pernah tahu pasti apa yang akan terjadi pada hari esok. Maka, apabila hendak melakukan sesuatu yang akan datang sebaiknya mengucapkan Insya-Allah.

Saat kita mengucapkan janji juga dianjurkan untuk terlebih dulu mengucapkan Insya-Allah.

Laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyil ‘adzim

27 kekuatan
mudassirshaikh06.wordpress.com

Laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyil ‘adzim memiliki arti “Tidak ada daya dan tiada kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

Saat kita menghadapi sesuatu yang berat atau sesuatu yang tidak kita kehendaki, kita ucapakan Laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyil ‘adzim

Hanya dengan pertolongan Allah lah kita kuat dan mampu menghadapi segala permasalahan dan Dia lah yang memberikan jalan keluar atas kesulitan yang kita hadapi.

Inna lillahi wa inna ilaihi raaji’un

27 m
muslim.or.id

Inna lillahi wa inna ilaihi raaji’un artinya “Sungguh kami sekalian ini milik Allah dan kepadaNya kami kembali.”

Saat ditimpa musibah atau bencana hendaknya mengucapkan kalimat tersebut. Sebab segala sesuatu yang kita miliki saat ini adalah titipan Allah milik Allah, jadi Allah berkuasa untuk mengambilnya sewaktu-waktu.

Laa ilaaha illallaah Muhammadur Rasulullah

27 l
wallpaperspicturesphotos.blogspot.com

Laa ilaaha illallaah Muhammadur Rasulullah artinya “Tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad itu utusan Allah.”

Sebaiknya kita mengucapkan kalimat tersebut setiap hari, siang dan malam.

Itulah 7 kalimat thoyibah yang mulia di sisi Allah dan kalangan para Malaikat. Semoga kita bisa menjaga kalimat-kalimat tersebut  dalam kehidupan sehari-hari.