Kita semua pasti tahu bahwa banyak foto yang beredar, baik itu di media cetak maupun media online bisa mengalami rekayasa, yaitu dengan menggunakan teknik photoshop.

Jadi jangan heran jika banyak modus-modus penipuan dan fitnah bisa dilakukan dengan menggunakan teknik ini. Bahkan tidak hanya itu saja lho, sesuatu yang berbau imajinatif pun bisa kita buat dengan menggunakan photosop.

Wah, berbau imajinatif, maksudnya apa tuh? Maksudnya, kejadian-kejadian yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata, bisa kita tuangkan atau gabungkan dengan realita sebenarnya, menjadi gambar imajinatif.

Gambar imajinatif ini biasa disebut karya ilusi optik dan bisa dibuat dengan teknik photoshop. Supaya lebih jelas, langsung saja kita lihat contoh-contoh karyanya yuk! Simak baik-baik ya!

1Desa di Dalam Botol

ngonoo.com

Dalam kehidupan nyata, mana mungkin ada desa di dalam botol seperti gambar di atas. Namun, dengan teknik editing dari photoshop, semua yang tidak mungkin itu akan menjadi sangat mungkin.

Sebenarnya gambar desa di dalam botol itu merupakan dua gambar yang berbeda, yang kemudian disatukan dengan teknik photoshop, sehingga kita bisa melihatnya seolah-olah benar ada sebuah desa di dalam botol.

2Dataran yang Menyerupai Air Terjun

ngonoo.com

Kalau memang benar ada daratan yang menyerupai air terjun seperti gambar di atas, pastinya akan sangat menyeramkan sekali ya, tapi untung saja semua itu hanyalah hasil editing saja.

Kalau gambar seperti itu benar-benar ada, mungkin manusia di sekitarnya sudah mati terbunuh karena tertimpa tanah dan batuan yang berjatuhan tersebut. Kejadian yang serupa ini biasanya kita sebut tanah longsor.

3Kota Buku

ngonoo.com

Mungkin yang memadukan gambar ini adalah seorang pencinta buku. Di mana ia punya mimpi membangun sebuah kota yang dipenuhi dengan buku-buku. Tentu menyenangkan sekali ya!

Dengan teknik editing seperti ini, kita bisa mewujudkan mimpi kita yang awalnya tidak mungkin menjadi mungkin-mungkin saja. Wah, kalau begini jadi terinspirasi juga meletakkan foto kita di tengah-tengah buku seperti itu.

4Padang Rumput di dalam Gedung

ngonoo.com

Sekilas, kita melihat padang rumputnya punya atap dan memiliki lampu. Padahal ini dibuat dari dua gambar, yaitu gambar ruangan yang berlampu, dan gambar padang rumput.

Tapi entah deh, si domba itu aslinya letaknya di mana. Di dalam ruangan atau di padang rumput. Ayo, menurut kamu di mana? Bisa di dua-duanya sih. Jadi bingung ya!

5Piringan Hitam Ini Bisa Memunculkan Daratan

ngonoo.com

Dulu, kita bisa menikmati indahnya alunan musik menggunakan piringan hitam. Nah, gambar di atas adalah perpaduan antara piringan hitam dan pemandangan alam.

Ketika kedua gambar ini disatukan, dibuatlah seolah-olah musik yang keluar dari piringan hitam itu memunculkan gambar pemandangan alam yang sangat indah.

6Jalanan yang Terbelah

ngonoo.com

Kamu pasti sering lihat kan marka jalan berupa garis putus-putus di tengah jalan. Aslinya itu bukan tempat untuk menggunting ya! Kecuali ada yang iseng menggunakan teknik photoshop untuk mengguntingnya.

Jadinya ya gambar seperti di atas. Jalannya jadi terbelah. Kalau beneran ada jalan seperti itu, pasti sangat mengerikan sekali. Banyak orang bisa celaka saat mengemudi kendaraan pastinya.

7Mana Lukisan dan Mana pelukisnya?

ngonoo.com

Asli gambaran yang satu ini sangat kocak. Sebenarnya mana yang dilukis mana pelukisnya? Atau karena ia menjiwai jadi pelukis, jadi tubuhnya pun adalah sebuah lukisan? Sepertinya tidak seperti itu juga.