Kenikmatan Nikah Muda yang Akan Membuatmu Ingin Segera Menikah

ettysunantipower.com

Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam dalam haditsnya memerintahkan para pemuda untuk bersegera dalam menikah.

“Wahai pemuda, barang siapa dari kalian telah mampu maka hendaknya menikah, karena ia lebih menundukkan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan barang siapa belum mampu, maka hendaknya ia berpuasa. Sebab ia mengekangnya. (HR Bukhari)

Pemuda atau dalam bahasa arab lebih dikenal dengan kata Syabab ini memiliki banyak penafsiran. Jika dalam UUD Negara Republik Indonesia, maka pengertian pemuda adalah mereka yang berusia 17 hingga 30 tahun.

Dalam ilmu physikologi definisi pemuda adalah mereka yang berusia 17 hingga 22 tahun. Definisi memang relatif. Tergantung siapa yang mendefinisikannya. Nah, sekarang kamu definisikan dirimu sendiri, pemuda atau bukan? Hehe.

Dalam buku Indahnya Pernikahan Dini karya M Fauzil Adhim dijelaskan, syabab adalah seseorang yang telah mencapai aqil-baligh dan usianya belum mencapai 30 tahun. Asalkan sudah memiliki ba’ah (kemampuan) maka ia dianjurkan untuk segera menikah.

Dan ternyata perkataan Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam selalu terbukti memiliki banyak hikmah dan keutamaan. Termasuk anjuran menikah muda.

1Lebih Terjaga Dari Dosa

fatherhood.id

Sebagaimana sabda Rasul bahwa menikah akan menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Ini berarti bahwa mereka yang menikah di usia muda akan lebih terjaga pandangannya dari zina.

Mata dan hati memang dua hal yang paling sulit dikendalikan oleh manusia. so, kamu segeralah menikah ya!

2Lebih Bahagia

www.jatik.com

Jomblo nasibnya dibully terus dipojokan. Kasihan. Hiks!

Maka dari itu sekarang giliranmu untuk membully. Eits! Tapi kamu harus nikah dulu. Wkwk.

Katanya sih, pasangan yang menikah diusia muda lebih memiliki banyak cara untuk saling mengekspresikan hal-hal romantis. Ngga kehabisan ide deh pokoknya. Mungkin inilah faktor yang membuat pasangan nikah muda lebih bahagia.

Kamu kuatin hati ya mblo!

Selanjutnya, mereka yang kamu tanyakan seberapa bahagianya sih menikah muda. Mereka akan menjawab dengan santainya “nikah itu enaknya cuma satu bro, sisanya enak banget!” . Jleb deh buat kamu.

Pasangan muda juga biasanya lebih bisa menerima kondisi pasangannya apa adanya. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Ibnu Umar, “nikahilah oleh kalian gadis perawan, sebab … (salah satunya) …ia lebih ridho dengan nafkah yang sedikit.”

3Emosi Lebih Terkontrol

www.jatik.com

Nikah muda itu mendewasakan. Percaya ngga percaya itulah kenyataannya. Kamu ngga usah bawa perasaan gitu dong, kalau memang belum berjodoh ya semoga diberi jodoh yang lebih baik. Aamiin.

Tapi ini fakta loh. Menikah di usia muda akan membantu kamu mengontrol emosimu. Ini dipengaruhi dengan ketenangan yang hadir karena pendampingan pasangan dan tersalurkannya “kebutuhan batin”.

Dan itulah diantara makna sakinah dalam surah Ar Rum ayat 21.

4Lebih Mudah Meraih Kesuksesan

www.muslimahcorner.com

Banyak pemuda yang menunda nikah dengan alasan ingin mengejar mimpi, mengejar karir dan mengejar lain sebagainya. Padahal, mereka tidak tahu bahwa menikah diusia muda akan sangat membantu mereka dalam mengejar apa yang layak dikejar. Duileh sastra banget! Hehe.

Kamu tahu kenapa? Karena setelah menikah emosi akan lebih stabil, ketenangan akan selalu hadir, dan hidup terasa lebih sakinah. Inilah yang akan mengantarkanmu pada kesuksesan. Semua masalah, halangan dan rintangan mampu dihadapi dengan tenang.

Sudah tidak mengherankan lagi melihat orang yang sukses diusia 40an ternyata mereka menikah diusia yang terbilang masih sangat muda.

5Lebih Baik Bagi Masa Depan Anak-anak

ayobuka.com

Ini bukan berarti anak sudah dewasa disaat kamu pensiun. Tetapi menikah diusia muda kemudian memiliki anak diusia yang muda juga, bahkan disaat kamu masih belum memiliki kemapanan akan mendidik anak untuk belajar hidup mandiri.

Sehingga dewasanya anak-anak kamu mereka sudah mengerti bahwa hidup memang penuh perjuangan. Sama seperti kamu sekarang, yang lagi berjuang meminang. Ups! Hahaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here