Ternyata Sedekah Tidak Hanya Berupa Uang Lho, Inilah Amalan yang Bernilai Sedekah

Posted on

Kita pasti sering mendengarkan ceramah atau kajian agama tentang sedekah dan keutamaannya. Begitu besar makna dan manfaat sedekah, banyak orang yang berlomba-lomba dalam kebaikan salah satunya dengan bersedekah.

Keutamaan sedekah antara lain dapat menghapus dosa, mendapatakan naungan di hari akhir, mendapatkan pahala berlipat ganda, dan lain-lain.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-An’am ayat 160, “Barang siapa membawa amal baik, maka beginya pahala sepuluh kali lipat amalnya (balasannya).

Balasan bagi mereka yang bersedekah bisa berupa kehidupan yang sejahtera dan tentram, dikarunia anak-anak yang sholih serta kemudahan dalam segala urusan.

Biasanya sedekah dikaitkan dengan memberikan harta atau berupa uang. Bagi orang-orang yang tidak mampu atau kekurangan harta dan mereka ingin bersedekah, tidak perlu khawatir, sesungguhnya sedekah itu tidak hanya berbentuk uang.

Berikut beberapa contoh sedekah selain berbentuk harta atau uang.

Menyingkirkan Sesutau yang Dapat Menggannggu Orang Lain di Tengah Jalan

22 batu
www.polresbatang.com

Jika kita melihat ada sebuah batu, duri atau sesuatu lain yang berada di tengah jalan, sebaiknya segera disingkirkan, sebab bisa membahayakan pengguna jalan lain.

Ternyata perbuatan yang terlihat sederhana tersebut bernilai sedekah lho. Rasulullah SAW bersabda, “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.” (HR. Bukhari)

Senyum

22 se
id.anawalls.com

 

Ini dia hal sederhana dan sangat mudah dilakukan oleh siapapun, yakni memberikan senyuman kepada sesama muslim. Perbuatan tersebut juga termasuk sedekah.

Senyumu kepada saudaramu adalah sedekah.” (HR. At-Trimidzi)

Mencegah Kemungkaran dan Berbuat Baik

22 help
styagreennotes.blogspot.com

Dari Abu Hurairah ra, berkata: Rasulullah SAW bersabda, “setiap ruas tulang daripada manusia itu harus memberikan sedekah setiap harinya yang di situ terbitlah matahari. Berlaku adil antara dua orang merupakan sedekah.

Menolong seseorang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkat barang orang itu ke atas hewan kendaraannya adalah sedekah.

Ucapan yang baik adalah sedekah, dengan setiap langkah yang dijalaninya untuk pergi shalat juga sedekah, menyingkirkan apa-apa yang berbahaya dari jalan itu juga sedekah.” (Muttafaq’alaih)

Tasbih, Tahlil, Tahmid, dan Takbir

22 dzikir
www.kajianislam.net

Ternyata berdzikir dengan mengucapkan kalimat tasbih, tahlil, tahmid, dan takbir bernilai sedekah.

Dari Abu Zarr ra, Rasulullah SAW bersabda: “Setiap ruas tulang dari seseorang di antara kalian itu setiap paginya hendaklah memberikan sedekahnya, maka tiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalahsedekah,setiap tahlil adalah sedekah,

meyuruh pada kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan yang demikian itu dapat dicukupi (diimbangi pahalanya) oleh dua rakaan yang dilakukan oelh seseorang pada waktu dhuha.” (HR.Muslim)

Berhubungan Suami Istri

22 intim
fokusbisnis.com

Melakukan hubungan intim oleh pasangan suami istri yang sah secara syariat dan melakukannya dengan niat karena Allah SWT merupakan ladang pahala, selain itu juga sedekah.

Mengajarkan Ilmu

22 ngajar
telusuriinfomenarik.blogspot.com

Mengajarkan ilmu tidak hanya dilakukan oleh guru atau ulama saja. Seseorang yang bisa mengajarkan satu huruf dari ayat Al-Qur’an kepada sesama merupakan ibadah dan termasuk sedekah. Jadi kita sebaikanya tidak pelit dalam mengajarkan ilmu yang kita miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *