Thomas Robert Malthus adalah seorang Pendeta dan sarjana Inggris, yang berpengaruh di bidang politik ekonomi dan demografi. Malthus dikenal karena teorinya tentang perubahan dalam populasi.

Sebuah buku karyanya yang berjudul “An Essay on the Principle of Population as it Affects the Future Improvement of Society” menjelaskan bahwa pertumbuhan penduduk cenderung melampaui pertumbuhannya secara normal.

Hal tersebut akan berpengaruh terhadap persediaan makanan. Cepat atau lambat, populasi manusia akan menurun, seiring makin banyaknya wabah kelaparan dan penyakit. Orang-orang mengenal masalah ini sebagai bencana Malthus.

Back

1. Awal Kehidupan dan Pendidikan

Malthus dilahirkan pada tahun 1766, di dekat Dorking di Surrey, Inggris. Dia adalah anak ketujuh dari pasangan Daniel dan Henrietta Malthus. Robert Malthus dibesarkan di The Rookery.

Robert Malthus sekolah di Jesus College di Universitas Cambridge. Sekolahnya tamat pada tahun 1788.

Kemudian ia ditugaskan sebagai pendeta Anglikan pada tahun itu juga. Dan di tahun 1791 dia memperoleh gelar master. Pada tahun 1793, dia menjadi kerabat Jesus College.

Malthus menikah pada tahun 1804 di umurnya yang ke-38 tahun. Pada tahun 1805, dia ditunjuk menjadi Profesor sejarah dan politik ekonomi di East India Company’s College di Haileybury.

Malthus menulis berbagai buku lain perihal ekonomi, dan yang paling penting diantaranya adalah The Principle of Economy (1820).

Buku ini mempengaruhi banyak ekonom yang datang kemudian, khusus tokoh abad ke-20 yang terkenal: John Maynard Keynes.

Dalam tahun-tahun terakhir hayatnya Malthus peroleh berbagai penghargaan. Malthus meninggal 29 Desember 1834 (umur 68) di Bath, Inggris.

slideplayer.com
Back