Tidak Hanya Buah dan Sayur, 6 Bunga Ini Memiliki Khasiat Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Selama ini kita telah mengetahui bahwa buah dan sayur dipercaya sebagai makanan yang kaya akan serat, vitamin dan tentunya menyehatkan.

Setiap harinya kita dianjurkan untuk mengkonsumi sayur dan buah agar kebutuhan serat kita terpenuhi. Tubuh pun juga mendapatkan nutrisi yang baik.

Tahukah kamu, ternyata selain buah dan sayur terdapat beberapa bunga yang mempunyai khasiat untuk tubuh agar lebih sehat.

Mungkin agak aneh, apakah kita bisa memakan bunga? Tidak semua bunga dapat kita konsumsi dan cara mengkonsumsinya tidak selalu dengan mengunyahnya.

Beberapa diantaranya ada yang digunkana untuk membuat minuman, diambil warnannya untuk pewarna makanan, dan lain sebagainya.

Penasaran apa saja bunga yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh kita? Simak ulasan berikut ini.

Bunga Matahari

28 b.matahari
sumbersumbermanfaat.blogspot.com

Tentu kamu tahu kuaci kan? Yup, biji bunga matahari yang besar dapat diambil dan dibuat kuaci. Kuaci dipercaya sebagai salah satu camilan yang menyehatkan.

Kuaci mengandung vitamin E dan selenium, dan lemak yang sehat. Kandungan vitamin E nya berfungsi untuk mengurangi radikal bebas, menurunkan kolesterol, bahkan bisa mengurangi komplikasi diabetes.

Tidak hanya itu, biji bunga matahari bisa juga disuling yang menghasilkan minyak goreng.

Bunga Turi

28 b.turi
www.kopyor.net

Bunga turi biasanya dijadikan campuran sayur pecel bersama kangkung, taoge, dan di atasnya diguyur sambal pecel.

Bunga ini memiliki kandungan protein dan berbagai macam vitamin seperti vitamin B, C, beta karoten, zat besi, fosfor maupun kalsium.

Bunga Melati

28 melati
www.tatitujiani.com

Bunga yang memiliki keharuman khas ini bisa digunakan sebagai campuran teh. Ia memiliki khasiat yang baik bagi tubuh seperti dapat mengobati insomnia, rasa cemas, maupun gangguan perut.

Bunga Mawar

28 mawar
allnewswallpaper.blogspot.com

Selama ini mawar identik sebagai bunga yang dapat menunjukkan rasa romantis. Ternyata bunga yang tangkainya berduri ini dapat dimakan daun dan bunganya.

Daun dan bunga mawar mengandung vitamin C. Ia memiliki khasiat antara lain menghilangkan depresi dan memperbaiki sirkulasi darah.

Selain itu, untuk menyembuhkan sembelit kamu bisa menjadikan bunga mawar sebagai teh.

Bunga Rosella

28 rosella
penulispro.com

Bunga yang satu ini dipercaya sangat menyehatkan. Kamu bisa menjemur  bunga rosela hinga kering kemudian direbus hingga airnya  berwarna merah darah.

Setelah itu tambahkan gula agar rasanya enak sebab rasa minuman ini sangat asam. Atau kamu bisa menjadikannya sebagai camilan dengan cara menyaring bunganya tadi lalu diberi gula.

Tahu kah kamu, ternyata bunga rosela memiliki kandungan vitamin C yang 10 kali lipat dari buah jeruk.

Bunga rosela berkhasiat untuk mengurangi radikal bebas, menurunkan tekanan darh tinggi, dan membantu menurunkan gula darah.

Bunga Seruni

28 seruni
coretankutulis.blogspot.com

Kamu bisa mengambil daun dari bunga seruni  kemudian dikeringkan untuk dijadikan teh. Daun ini berkhasiat dapat menyembuhkan sakit panas, flu dan sakit kepala.

Kamu juga bisa menjadikannya untuk mengkompres mata lelah dengan menggunakan air tadi yang sudah dingin.

Segala kebaikan dari alam jika kita bisa mengolahnya dengan baik akan memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *