Seorang ibu setelah melahirkan pasti ingin memberikan ASI terbaiknya bagi sang buah hati. Akan tetapi tidak semua ibu setelah melahirkan mempunyai cukup banyak ASI.

Terkadang ada ASI yang keluar hanya sedikit atau mungkin ada yang tidak keluar. Maka hal itu dapat membuat ibu resah sebab kebutuhan bayi tidak terpenuhi dengan baik.

Adalah daun katuk, yang biasanya dianjurkan dikonsumsi untuk memperlancarASI. Ternyata tidak hanya daun katuk saja, masih banyak jenis makanan yang bisa dimanfaatkan bagi ibu menyusui.

Berikut beberapa makanan yang sangat bermanfaat dalam memperlancar ASI bagi ibu menyusui.

Bayam

30bayam
essenstoria.blogspot.com

Bayam selain terkenal akan kandungan vitamin A nya juga mengandung vitamin K dan folat. Nah kandungan folat ini merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang tengah menyusui.

Selain itu kandungan fitoestrogen di dalam bayam membantu memperbaiki jaringan payudara dan mampu memperlancar ASI. Ibu yang sedang menyusui sangat baik mengkonsumsi bayam.

Wortel

30wortel
tipkecantikan.com

Sayuran yang satu ini juga mengandung fitoestrogen yang tentunya dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui.

Kandungan vitamin A dan betekaroten di dalam wortel juga berfungsi untuk menjaga energi ibu menyusui.

Oatmeal

30Oatmeal
silk.com

Oatmeal merupakan salah satu menu favorit saat sarapan. Selama ini kita mengetahui bahwa kandungan nutrisi pada oatmeal dapat membantu dalam menurunkan kolesterol.

Ternyata oatmeal juga sangat baik bagi ibu menyusui. Oatmeal dapat membantu meningkatkan hormon oksitosin dalam tubuh sehingga dapat memperlancar ASI. Tidak hanya itu oatmeal juga bisa membantu Ibu untuk lebih rileks.

Pepaya

30papaya
blog.awalbros.com

Apakah kamu suka pepaya? Buah yang jika matang memiliki warna orange kemerah-merahan ini juga sangat baik bagi ibu menyusui.

Kandunagn enzim dan fitokimia dalam pepaya dapat memperbaiki jaringan payudara dan memperlancar ASI.  Selain itu, senyawa yang terkandung pada buah pepaya bisa memberikan rasa rileks bagi para ibu yang menyusui.

Asparagus

30Asparagus
healthalwaysblog.com

Makanan ini biasanya dijadikan bahan dasar membuat sop. Asparagys mengandung serat yang tinggi, mengandung asam folat,vitamin A, C, dan K.

Kandungan tersebut dapat mempertahankan pasokan susu pada ibu. Serta asam amino yang ada pada asparagus juga dapat membantu memperlancar ASI.

Aprikot

30 aprikot
www.cantik.com

Aprikot merupakan buah yang mengandung trytophan sehingga secara alami membantu meningkatkan produksi hormon prolaktin. Buah ini juga kaya akan serat, vitamin,dan kalsium yang berperan dalam membantu produksi ASI.

Masih banyak makanan yang membantu memperlancar ASI. Selain makanan di atas, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih juga. Sebab selama menyusui Ibu membutuhkan cairan yang cukup. Semoga bermanfaat.