Rasa kantuk terkadang sangat mengganggu karena membuat aktivitas menjadi tidak berjalan nyaman dan lancar.

Bahkan tidak jarang ada saat-saat di mana kita masih merasakan kantuk di pagi hari padahal harus harus berangkat kerja atau ke kampus.

Solusi klasik yang biasanya kita lakukan untuk mengusir rasa kantuk tersebut yakni dengan minum secangkir kopi, memang itu adalah cara yang paling mudah dilakukan.

Akan tetapi, bagi orang yang memiliki sakit maag tentu hali tu sangat berisiko jika dilakukan. Tak perlu khawatir, selain kopi ternyata ada makanan dan minuman pengusir rasa kantuk lho.

Apa saja itu? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Air Putih

20 air putih
cari-manfaat.com

Air putih merupakan minuman yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Tidak hanya itu, air putih juga mampu membuat tubuh dan pikiran terasa lebih fresh.

Setelah kamu tidur semalaman, tubuh kekurangan cairan yang membantu fungsi organ tubuh. Maka dari itu minumlah air putih yang cukup di pagi hari.

Dehidrasi bisa mengakibatkan otak tidak berfungsi dengan maksimal. Nah, mengantuk itu merupakan salah satu gejalan dehidrasi ringan.

Maka jika kamu  merasakan kantuk di pagi harus segera minum segelas air putih. Tidak hanya kantuk yang hilang, tubuhmu pun akan terasa lebih segar dan semangat.

Oatmeal

20 Fresh Fruit Baked Oatmeal
www.goodthymesandgoodfood.com

Oatmeal merupakan jenis makanan yang mengandung indeks glikemik yang rendah, maka tidak herna jika ia menjadi salah satu menu sarapan favorit.

Kandungan glikemik tersebut membuat tubuh kita tidak perlu cepat mencerna oatmeal sebagai karbohidrat dan mengubahnya menjadi energi.

Dengan kata lain, jika kita mengkonsumsi semangkuk oatmeal memerlukan waktu yang lama untuk melalui proses pembakaran di dalam tubuh.

Energi akan dilepaskan secara perlahan, maka hal itu bisa mencegah rasa lapar hingga tiba waktu makan siang sekaligus tidak membuat kita merasa ngantuk.

Telur

20 omelet
zalfakhoirunnisa.blogspot.com

 

Kita tahu bahwa telur kaya akan protein. Tingginya protein di dalam telur membuat tubuh membutuhkan waktu lama untuk bisa mencernanya.

Hal itu membuat rasa kenyang pun bisa bertahan lebih lama. Sehingga energi dilepaskan dengan perlahan, yang membuatmu tidak merasakan kantuk.

Kamu bisa mengolah telur ini menjadi beberapa cara yang kamu suka seperti direbus, dibuat omelet, telur dadar, telur mata sapi, dan lain sebagainya.

Teh Peppermint

20 mint-tea
www.laksani.com

Sebuah penelitian dari Wheelin Jesuit University, Amerika Serikat menunjukkan bahwa daun peppermint dapat meningkatkan kewaspadaan  sekaligus mengurangi rasa lelah.

Nah, kamu bisa mencoba membuat teh peppermint dengan cara menyeduh teh dan berilah beberapa helai daun mint ketika air teh masih panas.

Nikmati kehangatan teh yang berkolaborasi dengan segarnya daun mint di pagi hari maka rasa kantuk itu akan hilang.

Selamat mencoba ya, semoga hari-harimu dapat kamu awali dengan semangat dan penuh keoptimisan.