Menara miring. Berbicara tentang menara miring tentu bayangan kita akan tertuju pada menara yang memiliki kemiringan hingga mencapai 3 derajat, yakni Pisa.

Selama ini kita mengenal Pisa adalah menara miring yang paling terkenal di dunia. Menara yang berada di Italia ini memang sangat terkenal didunia, apalagi sejak UNESCO menetapkannya sebagai salah satu warisan dunia.

Ternyata menara miring bukan hanya menara Pisa lho. Di dunia ini terdapat beberapa menara miring lainnya.

Apakah kamu penasaran apa saja menara miring  selain menara Pisa? Beberapa menara berikut menjadi miring disebabkan karena kesalahan kontruksi dan ada juga yang disebabkan karena faktor alam.

Menara Garisenda di Bologna – Italia

29 dua
historiaeviagem.blogspot.com

 

Jika kamu berkunjung ke Bologna, kamu akan melihat terdapat dua menara yakni menara yang lebih tinggi bernama Asinelli dan yang lebih rendah disebut Garisenda.

Dari kedua menara tersebut salah satunya ada yang miring yakni menara Garisenda. Sebenarnya ketinggian asli menara Garisenda adalah 60 meter, namun karena kemiringannya tersebut tingginya hanya mencapai 48 meter saja. Menara ini dibangun pada tahun 1109 dan selesai pada tahun 1119.

Menara Oude Kerk di Delft – Belanda

29 delft
pardomuan.blogspot.com

Sekarang kita berkunjung ke Belanda tepatnya di kota Delft. Di sana terdapat menara Oude Kerk yang bernama asli St Bartholomew’s Church.

Menara ini menjadi miring karena faktor konstruksinya sebab pondasinya tidak  kuat menahan menara dan gereja serta ia juga menyangga sebuah bel seberat 9 ton.

Soyembika Tower di Kazan – Rusia

29 kazan
www.kazanskijkreml.gruzphoto.eu

Terdapat menara yang sangat terkenal di Rusia yaitu Soyembika Tower. Menara tersebut memiliki nama lain “Khan’s Mosque”.

Soyembika Tower dibangun pada abad ke-16, ia mengalami kemiringan disebabkan sang ratu Kazan kala itu memilih untuk bunuh diri daripada ditangkap oleh kaisar Ivan The Terribel yang menyerang kota Kazan. Apakah kamu tertarik mengunjunginya?

Albert Memorial Tower di Belfast – Irlandia Utara

29 albert
www.youtube.com

Mungkin menara yang satu ini tidak terlalu dikenal seperti menara jam Big Ben. Akan tetapi menara yang terletak di Belfast, Irlandia Utara tersebut konstruksi bangunannya miring.

Hal itu disebabkan karena menara ini dibangun di atas rawa lahan reklamasi. Sehingga bisa dibilang kemiringannya disebabkan faktor tanahnya.

Kemiringan di menara tersebut terjadi dari waktu ke waktu maka patung Pangeran Albert dan Lonceng yang terletak di puncaknya harus diturunkan.

Menara Huludao di Liaoning – Cina

29 huludao
www.kwikku.com

Menara yang memiliki tinggi hingga mencapai 10 meter ini terletak di sebelah timur laut provinsi Liaonin, China.

Gempa dan banjir membuat menara yang dibangun oleh dinasti Liao ini mengalami kerusakan yang parah sehingga menyebabkan Menara Huludao menjadi miring sampai 12 derajat ke arah timur laut.

Itulah beberapa menara miring selain menara Pisa, semoga informasi di atas bermanfaat.