Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari lagi. Semua umat Muslim seharusnya sudah mulai sibuk mempersiapkan diri, baik secara fisik agar tetap sehat, maupun ruhani agar semangat menjalankan ibadah untuk meraih keberkahan dari Allah.

Sayang sekali, jika bulan Ramadhan harus berlalu tanpa kita sebagai umat Muslim mampu mendapatkan keberkahannya yang berlipat-lipat hanya karena ketidak kusyu’an kita atau karena kemalasan yang membuat kita terlena.

Karena di bulan Ramadhan ini keberkahan dan ampunan akan Allah berikan secara tak terkira kepada hamba-hambaNya yang ikhlas dan penuh ketulusan meminta keberkahan dengan ibadah-ibadahnya, dan ampunan dalam taubatnya.

Nah, kamu pasti tak mau kan melewatkan begitu saja ladang luar biasa yang bisa kamu panen keberkahan dan ampunan yang tak terkira ini?

Untuk itu kamu harus tetap menjaga kekusyu’an ibadahmu walau sedang berpuasa seharian selama sebulan penuh, agar Allah menerima ibadahmu dan membalasnya dengan keberkahan yang berlipat-lipat.

Untuk menjaga kekusyu’an itu, jangan pernah kamu lakukan hal-hal di bawah ini ya?

1Terlalu Banyak Tidur

www.eblo.co.id

Walau memang tidur saat seseorang sedang berpuasa itu memiliki nilai ibadah, namun jika dilakukan dalam skala berlebihan itu namanya mubadzir atau kesia-siaan.

Benar sekali! Karena dengan terlalu banyak tidur tubuh akan mudah terasa lelah dan lemah, jika sudah demikian maka akan membuat seseorang malas beribadah dan kalaupun memaksa pasti hasilnya akan tidak kusyu’.

Hmm, pasti tidak mau kan? Makanya jangan terlalu banyak tidur ya!

2Terlalu Banyak Makan Saat Sahur dan Buka Puasa

imelda.coutrier.com

Biasanya seseorang yang berpuasa dan seharian tidak makan dan minum akan sedikit kalap saat masuk waktu makan sahur dan berbuka puasa. Alasannya agar badan bisa tetap sehat selama berpuasa sebulan penuh.

Padahal anggapan ini salah sekali. Karena terlalu berlebihan dalam makan saat sahur maupun buka puasa akan membuat seseorang kekenyangan sehingga justru malas melakukan aktivitas termasuk beribadah.

Jika makan sahur berlebihan juga bisa memicu asam lambung naik hingga akhirnya perut terasa perih dan memicu mual, akibatnya tak hanya puasa, namun ibadah-ibadah lain juga terganggu.

Hmm, rugi sekali ya jika seharian puasa namun tak bisa kusyu’ beribadah karena kondisi tubuh tidak fit seperti itu?

3Banyak Melakukan Aktivitas Tidak Berguna

ichcap.org

Aktivitas yang kurang atau malah sama sekali tidak berguna misalnya terlalu banyak menonton TV, terlalu banyak begadang, terlalu banyak ngobrol tidak penting dengan orang lain, atau terlalu banyak main dan jalan-jalan.

Hal-hal yang berlebihan memang tidak baik, itulah mengapa Allah melarang setiap hambaNya melakukan kesia-siaan dan kemubadziran tersebut, dalam hal apapun bahkan dalam hal ibadah sekalipun.

Dengan terlalu banyak beraktivitas yang sia-sia, seseorang akan mudah lelah, sehingga bisa menjadikan ibadah dan puasanya tidak maksimal dan sama sekali tidak kusyu’.

Nah, jangan pernah lakukan hal-hal tersebut di atas ya? Sayang sekali kan jika kamu harus kehilangan bulan Ramadhan yang seharusnya bisa kamu maksimalkan dalam menjemput sebanyak-banyaknya berkah dan ampunan dari Allah?