Ibadah puasa, baik puasa sunnah maupun puasa wajib di bulan Ramadhan, adalah salah satu ibadah yang dilakukan umat Muslim dengan tak hanya sekedar menahan haus dan lapar, namun terlebih untuk menahan hawa nafsu dari godaan setan.

Secara penelitian ilmiah pun, telah terbukti bahwa puasa juga bisa menjadi terapi kesehatan bagi manusia. Karena kadangkala tubuh manusia perlu berhenti sebentar untuk beristirahat, terutama dalam melakukan pencernaan makanan.

Namun, di saat menjalankan ibadah puasa, banyak umat Muslim yang justru berusaha menjaga tenaga dengan cara yang salah, sehingga akhirnya tubuh menjadi lemah dan tak mampu menjalankan ibadah puasa secara maksimal.

Untuk menghindarinya, jangan sampai deh kamu melakukan hal-hal berikut, karena justru bisa membuat tubuhmu semakin lemah saat menjalankan ibadah puasa.

1Terlalu Banyak Tidur

www.eriesudewoid.com

Walaupun memang tidur adalah salah satu hal yang bisa bernilai ibadah, apalagi bagi mereka yang sedang berpuasa, namun jika terlalu berlebihan juga akan dibenci oleh Allah.

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Karena dengan terlalu banyak tidur juga akan membuat tubuh seserang menjadi lemas dan cenderung memicu malas karena jarang digerakkan.

2Terlalu Banyak Kegiatan Menguras Tenaga

id.aliexpress.com

Bagi yang sedang menempuh sekolah atau bekerja, aktivitas memang harus tetap berjalan walaupun sedang berpuasa. Namun memang untuk kegiatan yang sangat berat dan dirasa bisa menguras tenaga, bisa agak dihindari.

Dan juga untuk kegiatan lain yang dirasa bisa menguras tenaga namun kurang bermanfaat, lebih baik dihindari. Karena memang sesuatu yang kurang bermanfaat juga memang tidak baik kan untuk dijalani?

3Tidur Selepas Subuh

pemaniskata.blogspot.com

Waktu selepas subuh adalah waktu yang tepat untuk berolahraga dan melakukan aktivitas yang bermanfaat.

Karena udara di pagi hari masih segar, dan suasananya juga mendukung untuk memacu semangat beraktivitas di hari yang baru.

Lakukan olahraga ringan dan aktivitas bermanfaat lain, atau untuk berdzikir dan tilawah Qur’an. Jangan sampai kita kehilangan kesempatan mendapatkan rezeki dari Allah di waktu pagi ya?

4Makan Sahur atau Buka Terlampau Banyak

satujam.com

Niatnya untuk memaksimalkan tenaga, namun kenyataannya makan berlebihan memang justru bisa membuat tubuh menjadi semakin lemas, tak bergairah, bahkan sakit.

Makanlah sewajarnya, baik saat berbuka maupun sahur. Jangan makan banyak ataupun juga terlalu sedikit. Perbanyak asupan sayur, buah, dan air putih sebagai cadangan tenaga dan gizi dalam menjalankan ibadah puasa.

Itulah tadi beberapa hal yang sebaiknya jangan kamu lakukan agar ibadah puasamu tetap maksimal, tubuh segar bugar dan kuat, maka ibadah puasa juga akan berjalan dengan lancar.