Guys, apakah kalian orang sibuk? Sering tidak sempat tidur di siang hari? Ayo, mulai sekarang sempet-sempetin deh, 15 menit saja cukup kok.

Perlu kalian tahu, soalnya nih, ternyata tidur siang itu punya buanyaak sekali manfaat yang baik buat kita Guys. Meskipun hanya 15 menit, tapi tidur siang itu sangat penting untuk kita lakukan setiap hari.

Mau tahu apa saja manfaat yang bisa kita ambil dari tidur siang meskipun 15 menit saja? Disimak yuk!

1Meningkatkan Daya Ingat Otak

kusuka.com

Hayo, siapa di antara kalian yang sering lupa ini itu? Mendadak pikun gitu deh. Nah, mulai sekarang kayaknya kamu harus membiasakan diri buat tidur siang Guys. “Kenapa sih emang? Time is money, aku nggak boleh males-malesan apalagi nyempetin tidur siang”.

Ah, kamu salah besar Guys. Perlu kamu tahu, justru dengan tidur siang, kamu bisa mengistirahatkan tubuhmu dari aktivitas yang cukup menguras energi.

Dan positifnya lagi, tidur siang juga bisa memudahkan kamu dalam memperkuat daya ingat otak alias mengurangi tanda-tanda kepikunan.

2Memperbaiki Mood

deherba.com

Did you know Guys? Neurotransmitter seretonin merupakan zat yang bisa mengatur suasana hati manusia.

Ketika banyak kerjaan, tubuh kita kemungkinan besar akan mengalami stress. Dan yang terjadi adalah serotonin yang dibutuhkan semakin tinggi, nah padahal produksinya terhenti, ya, karena stress itu tadi Guys.

Akibatnya, kita pun akan menjadi mudah marah dan merasa cemas. Yups, dengan tidur siang, maka itu akan mengembalikan jumlah seretonin yag dibutuhkan oleh tubuh sehingga dapat memperbaiki mood.

3Mengurangi Stress

users2.unimi.it

Buat kamu khususnya yang pelajar nih Guys, perlu kamu tahu, otak bisa menjadi lebih tegang jika digunakan untuk berpikir secara terus menerus.

Buktinya, kalau otak diajak mikir terus pasti kepala terasa pusing bukan? Nah, buruknya, stress ini bisa mengakibatkan gangguan syaraf dan jantung.

That’s why tidur siang itu sangat penting, yup, tidak lain adalah agar bisa mengurangi stress sehingga mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali beraktivitas.

4Mencegah Penyakit Jantung

hariansehat.com

Tahukah kamu? Jika kita memaksakan diri untuk tetap beraktivitas sementara tubuh harus-harusnya istirahat, jantung akan berdetak 2 kali lebih cepat  lho! Nah dengan tidur siang, rasa lelahmu akan tersalurkan dengan baik. Hehe, dikira bakat kali ya.

Selain itu, tidur siang selama 15 menit bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

5Meningkatkan Kesehatan Tubuh

ukhtiindonesia.com

Yang terakhir nih Guys, kenapa dianjurkan 15 menit saja? Yups, memang benar sih, kurang tidur bisa menyebabkan tubuh kelebihan hormon kortisol, yaitu hormon stress yang membantu dalam merespon anggota tubuh.

Namun di sisi lain, kelebihan kortisol juga bisa meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh.

Salah-salah kurang istirahat justru bisa membuatmu terkena diabetes. Inilah mengapa jangan tidur siang terlalu lama, 15 menit saja cukup.

Bagaimana Guys, manfaat tidur siang tidak sembarangan bukan? Makanya jangan lagi menyepelekan tidur siang, yup, 15 menit saja cukup kok. Semoga bermanfaat!