Masuk ke dunia perkuliahan, kamu akan semakin banyak menghadapi tantangan beragam. Mulai dari pertemanan, lingkungan masyarakat, lingkungan akademik, termasuk menghadapi pengajar (dosen) yang berbeda-beda karakternya.

Dosen juga manusia. Tidak ada dosen yang sempurna seperti malaikat. Jika kamu menemukan sifat dosen yang mungkin saja terkesan aneh, maka kamu harus pintar-pintar menghadapinya.

Kalau tidak, maka suka tidak suka, biasanya akan berpengaruh terhadap nilai kuliahmu. Kamu tidak mau nilaimu jelek kan?

Nah, simak 6 tipe dosen dan bagaimana cara menghadapinya berikut ini;

1Dosen Normal

pfl.grad.ncsu.edu

Dosen normal adalah tipe dosen yang biasa saja, dengan gaya yang seperti orang pada umumnya. Kadang telat, kadang on time.

Kalau tidak bisa hadir mengajar, akan memberi kabar pada koordinator kelas. Di kelas pun, kadang memberikan kuis dan tugas.

Dan ketika tiba waktu ujian, kalau kamu belajarnya benar dan sungguh-sungguh, kamu bisa dapet nilai A, kalau belajarnya main-main, maka dapat nilai jelek.

2Dosen Killer

pedidikanindonesia.com

Dosen tipe ini akan memulai kelas lebih awal, diikuti aturan ketat. Biasanya 5 menit sebelum kelas dimulai, beliau sudah duduk rapih di mejanya.

Proyektor sudah menyala, papan tulis sudah bersih dan spidol sudah siap. Ketika waktunya tiba, kelas pun dimulai. Beliau akan mengabsen mahasiswanya satu persatu. Kalau kamu datang hanya 2 menit setelah absen selesai, akan dianggap tidak hadir kuliah.

Ketika perkuliahan berlangsung pun, semua tampak memperhatikan dan mencatat. Namun ketika tiba-tiba terdengar suara obrolan di belakang, maka siap-siap kena semprot.

3Dosen Tua

papasemar.com

Dosen-dosen tua biasanya memiliki pengetahuan yang mendalam pada bidang studinya, dan juga mempunyai segudang pengalaman untuk dibagi.

Karena sudah tua, biasanya mereka tidak akan aneh-aneh ketika mengajar. Dan biasanya kelas berakhir sebelum waktunya karena dosen tua lebih cepat lelah. Mereka juga cenderung tidak pelit dalam hal memberi nilai.

Kelemahannya hanya 1, karena mereka sudah tua, biasanya kurang memahami teknologi. Ada yang masih mengajar menggunakan OHP atau slide manual.

Kalaupun pakai komputer atau laptop, butuh waktu lama untuk menyalakannya.

4Dosen Nyentrik

fahrezamfaisal.blogspot.com

Dosen nyentrik ini biasanya yang paling cepat diingat mahasiswanya, karena mereka punya ciri khas yang sangat aneh, tapi cenderung dianggap seru dan unik. Dosen yang langka, dari segi kelakuan maupun penampilan.

Misalnya dosen yang suka pakai topi koboi atau bergaya casual sewaktu mengajar, padahal si dosen ini adalah bapak-bapak. Gayanya tetap anak muda.

5Dosen Gaib

qerja.com

Dosen-dosen gaib itu biasanya punya kerjaan lain selain mengajar di kampus. Dosen tipe ini hanya mau ke kampus ketika ada jadwal mengajar.

Wajahnya juga jarang terlihat karena memang jarang standby di ruangannya. Hari pertama ada kelas, datangnya telat. Lalu hanya menjelaskan materi kuliah secara singkat.

Ketika waktu ujian tiba, kamu pun belajar seadanya dari buku, karena sebenarnya kamu dan teman-teman pun tidak terlalu paham dengan mata kuliahnya karena beliau pun sering menghilang.

Lalu setelah nilai keluar, kamu pun bingung kenapa nilaimu segitu. Seringnya, dosen tipe ini memberikan nilai bagus pada mahasiswa.

6Dosen Baik

transilvaniareporter.ro

Defisini dosen baik itu singkat, padat dan jelas, yaitu dosen yang tidak macam-macam dan sangat mudah memberi nilai A pada mahasiswa.

Kalau ada mahasiswa tidur di kelas, dosen tipe ini tidak akan marah. Justru akan dibiarkan saja, asalkan ketika ujian dia datang dan bisa menjawab semua soal dengan baik.

Kamu pernah bertemu dosen tipe mana saja?