pbio.uad.ac.id

7 Tipe Mahasiswa yang Disukai Dosen, Apakah Kamu Salah Satunya?

Posted on

Dosen adalah sosok penting di dunia kampus yang ikut andil dalam kesuksesanmu sebagai mahasiswa.

Maka, menjadi mahasiswa sukses pun tidak bisa dihindarkan dari sejauh mana kedekatan dengan dosen, salah satunya.

Berikut ini adalah beberapa tipe mahasiswa yang disukai dosen. Siapa tahu, kamu adalah salah satu dari tipe mahasiswa ini.

Memperhatikan Kuliah dengan Sungguh-sungguh

papasemar.com
papasemar.com

Dosen mana yang tidak suka pada mahasiswa yang memperhatikan waktu kuliah? Meskipun umumnya dosen  terkesan cuek kepada mahasiswanya.

Dosen sangat suka dengan wajah-wajah mahasiswa yang memperhatikan, seperti pandangan fokus ke depan, wajah yang antusias, ekspresi berpikir, atau yang sambil sibuk membuat catatan.

Kadang seorang dosen sengaja membuat beberapa kesalahan untuk memancing reaksi mahasiswa. Nah, pastikan kamu yang bisa menemukan hal itu.

Dosen itu suka pada mahasiswa yang sadar bahwa waktu kuliah adalah waktu yang sangat penting. Jika kamu respect pada dosen, maka dosen akan respect padamu.

Mampu Menjawab dan Rajin Bertanya

pfl.grad.ncsu.edu
pfl.grad.ncsu.edu

Lebih dari sekadar memperhatikan, dosen juga mengharapkan ada partisipasi aktif mahasiswa di setiap kuliahnya.

Dosen akan sangat senang ketika mahasiswa menjawab setiap pertanyaan dan mengajukan berbagai pertanyaan.

Apalagi jika sampai kewalahan menjawab berbagai pertanyaan dari mahasiswa, karena hal itu menunjukkan kalau anak didiknya sangat aktif dan memperhatikan kuliah dengan baik.

Kalau di kelasmu sepi-sepi saja, maka setidaknya pastikan suaramu terdengar setiap kuliah, meskipun hanya satu suara, baik untuk menjawab ataupun bertanya.

Buatlah dirimu menjadi andalan dosen untuk menjawab pertanyaan, begitu mahasiswa lain tidak ada yang bisa menjawab.

Selalu Menyapa Dosen

pbio.uad.ac.id
pbio.uad.ac.id

Mungkin kamu bukan yang paling pintar di kelas, juga bukan yang paling rajin. Tapi kamu bisa jadi mahasiswa paling santun di mata dosen.

Saat ini banyak mahasiswa yang fokus pada pengembangan dirinya, kemudian menjadi tidak peduli dengan orang-orang di sekitarnya, maka saatnya kamu membangun citra yang baik di mata dosen.

Pada awalnya, sapaanmu mungkin akan lewat begitu saja, tidak diperhatikan. Tapi semakin sering kamu menyapa dosen tersebut, lama-lama beliau akan ingat wajahmu. Syukur-syukur kamu disapa lebih dulu.

Nilai Mata Kuliah Sesuai Ekspektasi Dosen

perch68.com
perch68.com

Mungkin kamu bukan tipe mahasiswa paling sosial di kampus, sering tidak percaya diri, dan kemampuanmu untuk mengutarakan pendapat pun tidak begitu baik.

Tidak perlu berkecil hati. Buktikan kepada dosenmu kalau kamu benar-benar menerima ajaran beliau melalui nilai mata kulaih.

Semakin baik nilaimu dibanding yang lain, maka semakin terlihatlah dirimu di mata dosen. Dosen akan sangat senang kalau nilaimu bisa konsisten tinggi.

Buatlah dosenmu penasaran, sampai akhirnya beliau mencari keberadaanmu di kelas.

Bisa Berdiskusi dengan Dosen

news.okezone.com
news.okezone.com

Seorang dosen sudah cukup senang dengan mahasiswa yang aktif di kelas dan lebih senang lagi jika ada yang bisa diajak berdiskusi.

Mungkin saja kamu termasuk orang yang memiliki pengetahuan luas, yang bisa nyambung ketika diajak berdiskusi mengenai apa saja atau misalkan satu topik tertentu. Maka, jangan sembunyikan dirimu.

Kalau ada beberapa hal yang kamu tidak sependapat, sampaikan. Luruskan pandangan kalian berdua sampai ada titik temu. Menemukan partner diskusi itu sama seperti menemukan teman sebaya bagi dosen.

Sadar terhadap Waktu Penting Dosen

duniaku.net
duniaku.net

Kalau mahasiswa di kelasmu banyak yang sering terlambat, maka pastikan kamu bukan bagian dari mereka.

Dosen itu sangat senang dengan mahasiswa yang tertib dan sadar akan pentingnya waktu.

Misalnya, begitu dosen masuk kelas dan mahasiswa di dalamnya ada sedikit, bisa jadi beliau akan memberikan perhatian khusus pada mahasiswa-mahasiswa yang sudah siap di dalam kelas.

alau dosenmu termasuk tipe orang yang super sibuk sampai-sampai lupa jamnya kuliah, jadilah orang pertama yang mengingatkan beliau dengan cara menjemput ke ruangannya.

Sadar Penampilan di Depan Dosen

news.okezone.com
news.okezone.com

Meskipun pakaian mahasiswa bebas, tidak ada seragam sebagaimana sekolah dasar sampai menengah, tetap saja kamu tidak boleh berpakaian sembarangan di kampus.

Kamu tetap harus memakai pakaian berkerah, sopan, tidak ketat, tidak memperlihatkan paha, berlengan, dan memakai sepatu.

Penampilanmu haruslah menunjukkan kalau kamu menghormati dosen. Pakailah pakaian yang rapi, kemeja, bersepatu, atau office look sekalian, supaya terlihat beda daripada yang lain. Tata rambutmu dan pastikan kamu wangi.

Meskipun kamu sadar bahwa kamu mahasiswa yang biasa saja, tapi paling tidak dosenmu merasa nyaman ketika dirimu berada di sekatnya.

Selamat mencoba!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *