Kamu adalah pengguna setia angkutan kota (angkot) atau angkutan umum? Kalau ya, maka tulisan ini pasti akan membuatmu mengangguk-angguk karena pasti kamu pernah menemukannya selama menggunakan jasa angkot sehari-hari.

Kalau bukan, kalau kamu lebih sering menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor aatau mobil sendiri, maka artikel ini bisa jadi referensi asyik untukmu memahami bagaimana sih sebetulnya gaya para penumpang angkot selama ini.

1Bapak-Bapak Sok Sibuk

kmjurnalistik.info

Bapak-bapak tipe ini biasanya mengenakan tas dengan cetakan sablon suatu acara pelatihan atau seminar, serta dilengkapi dengan topi dan ponsel yang selalu dibawanya.

Beliau terlihat fokus, sibuk, dan juga penuh antusias. Kalau ponselnya sudah berdering, maka seluruh penumpang angkot melirik ke arah bapak tersebut.

2Abang-abang Sok Asik

sebandung.com

Dengan gaya kaos sporty atau kemeja dan celana bahan standar seperti yang digunakan karyawan kantor, pemuda tipe ini akan memasang earphone atau headset wireless warna terang.

Pemuda tipe ini membawa sedikit masalah ketika mulai naik angkot dengan membawa tas besar dan duduk seenaknya, seolah semua bangku di dalam angkot adalah miliknya.

3Ibu-Ibu Rempong

pekanbaru.tribunnews.com

Namanya juga ibu-ibu, pasti terbayang ya bagaimana tipe ini biasanya membuat penumpang lain, terutama anak muda merasa dilirik sinis, disikapi judes.

Penumpang tipe ini seringkali mengomentari apapun yang menurutnya pantas dikomentari. Misalnya saja, supir angkot ugal-ugalan, maka ibu-ibu inilah yang akan ada di barisan depan untuk protes.

Mungkin ada baiknya juga penumpang tipe ini ada di dalam angkot. Semakin meramaikan keberagaman para pengguna jasa transportasi umum. Misalkan ada kejadian kecopetan pun, ibu-ibu ini punya fungsi yang sangat baik sebagai alarm.

Tanpa diminta, pasti akan langsung berteriak keras dan membuat si pencopet berpikir ulang untuk kembali mencuri jika bertemu dengan model penumpang seperti ini di dalam angkot.

4Mbak-mbak Penyejuk hati

nafielahmahmudah.wordpress.com

Wanita muda seperti ini adalah tipe pekerja kantoran dengan outfit formal, pulasan make-up yang tidak terlalu menor, dan secara visual biasanya dijadikan pandangan penyegar bagi laki-laki akibat dunia yang sumpek di dalam angkot.

Tipe penumpang seperti ini tidak akan banyak bicara, sebagaimana ibu-ibu tadi. Justru akan lebih banyak diam atau sibuk dengan ponselnya. Yah, setidaknya wanita muda ini tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain.

5Para Warga Senior dan Cucu Mereka

keepo.me

Sebetulnya, salah satu pengalaman manis di angkot adalah saat memperhatikan tipe ini. Para cucu yang dijemput atau diajak jalan-jalan oleh kakek-nenek mereka. Kehidupan di angkot seakan damai dan aman sentosa seketika karena kehadiran mereka.

Mereka tidak akan ribut soal ongkos, banyak komentar ini itu terhadap sekitar. Mereka hanya fokus pada diri mereka sendiri. Nenek dan kakek yang hanya memperhatikan cucu mereka dengan penuh kasih sayang.

6Para Pelajar

id.wikipedia.org

Penumpang pelajar ini biasanya masuk angkot dengan bergerombol, suara kencang bercanda dengan kawan-kawannya. Kalau para anak perempuannya biasa bersuara cempreng sambil tertawa-tawa dan bergosip seenaknya sendiri, maka berbeda dengan yang laki-laki.

Pelajar laki-laki lebih banyak diam, menikmati dirinya yang bergelantungan di pintu angkot, enggan duduk di dalam karena bersatu dengan pelajar perempuan. Seolah naik angkot dengan bergelantungan di pintu itu hal yang keren dan macho.

7Anomali Tak Terdeteksi

anggaweka.blogspot.com

Tipe ini sungguh sulit diklasifikasikan. Sebab mereka adalah tipe yang tak terduga. Misalnya saja sekali waktu datang penumpang angkot seorang bapak-bapak dengan kemeja rapih dan payung hitam macam kingsman. Tampak misterius sekali.

Ada juga ibu-ibu yang menjinjing dua karung belanjaan, entah apa isinya, sampai satu angkot penuh oleh barang-barangnya saja.

Tipe penumpang yang lucu-lucu ini bisa menjadi cerita ringan yang bisa kamu nikmati bersama teman-temanmu. Bisa juga menjadi pelepas lelah dan penawar rasa bosan ketika di tengah perjalanan di dalam angkot. Setidaknya, hari-harimu akan lebih berwarna, bukan?

Enjoy it

SHARE