sepak bola, siapa yang tak kenal dengan permainan ini. Bahkan sepak bola seakan sudah ditasbihkan menjadi permaian nomor satu di dunia.

Jutaan orang dipastikan menonton siaran langsung piala dunia yang digelar empat tahun sekali. Tak peduli negaranya lolos ke piala dunia tersebut atau tidak. Bagi jutaan orang ini, mereka ingin menikmati permaian 11 lawan 11 ini.

Bahkan saat sebuah klub di luar negeri bermain, mungkin ribuan orang di Indonesia rela mengosongkan jadwal kegiatan agar bisa menonton klub idola bermain.

blogs.wsj.com
blogs.wsj.com

Sepak bola sudah tumbuh. Bahkan di titik ektrim ada yang menyebut agama adalah berhala dan agama baru. Bayangkan, ornag rela melakukan apapun demi sepak bola.

Hal ini biasa dilakukan suporter sepak bola. Mereka rela melakukan apa saja demi menunjukkan kecintaan mereka kepada klub kesayangan.

Saaty klub kesayangan bertanding, mereka rela pergi jauh agar bisa menonton ke stadion secara langsung. Bahkan kini dominasi suporter bukanlah milik laki-laki saja. Perempuan pun sudah tampil dan menjadi gila bola.

Tapi dari jutaan orang di dunia ini, bisa diklasifikasikan beberapa jenis suporter di dunia. Berikut sedikit rangkumannya.

1Suporter karbitan

www.mirror.co.uk

Suporter jenis ini biasanya hanya mau mendukung tim yang sedang ada di puncak penampilan. Jika tim tersebut sangat bagus maka ia mengidolakan klub dan pemainnya.

Namun jika klubnya lagi jeblok, ia rela meninggalkan klub tersebut dan berganti dengan mengidolakan klub lain yang sedang bagus prestasinya.

Tiper suporter ini mirip suporter glory hunter. Jika kesebelasan tertenu meraih banyak piala, tiba-tiba ia menjadi fans dari klub tersebut.

Namun biasanya ia tidak akan bertahan lama mendukung sebuah klub. Namanya saja karbitan. Ya biasanya tidak akan total mendukung.

Terlebih saat ini sulit sekali menemukan klub yang prestasinya terus moncer sepanjang waktu. Jadi jika prestasi klub seddang jelek, siap-siap saja akan ditinggal tipe suporter karbitan ini.

2Musuh Wasit

www.dailymail.co.uk

Tiper suporter yang satu ini punya kebiasaan yang sama tiap kesebelasan yang didukungnya bertanding. Yakni wajib menyalahkan wasit.

Mau timnya menang atau kalah, pas ada pelanggaran atau keputusan wasit yang dianggap merugikan timnya serta merta muncul sumpah serapah dari suporter jenis ini.

Bahkan apapun yang terjadi kesalahan tyerletak pada wasit. Kebencian para suporter jenis ini adalah jika klub kesayangannya kalah. Sudah, pasti kambing hitamnya adalah sang pengadil di lapangan.

3Sok Jagoan

www.dailymail.co.uk

Tipe suporter ini naif buta. Bagi mereka menunjukkan dukungan adalah dengan menyerang kelompok suporter lain. Bagi mereka, tim boleh kalah tapi suporter jangan sampai kalah dengan suporter lawan.

Kalau sudah bakat sudka berantem mau jadi suporter atau mau jadi direktur ya memang kerjaannya akan berantem. Terklebih ada bumbu perseteruan antara dua klub yang abadi. Sudah, bentrokan antarpendukung dua klub tidak bisa dihindari.

Meski sudah ditangkap aparat kepolisian sekalipun, tipe suporter jenis ini tidak penah merasa kapok. Bagi mereka berkelahi itu semacam kebanggaan. Eits, jangan ditiru ya.

4Antimainstream

www.youtube.com

Jaman sekarang semua sepertinya menuju ke arah mainstream. Ketika yang mainstream adalah mendukung kesebelasan terkenal, maka semuanya pun ikut-ikutan mendukung kesebelasan terkenal.

Dukung Barcelona lah, MU lah, Chelsea lah, Real Madrid, Juventus atau Arsenal. Tapi ada sebagian kecil suporter di Indonesia yang justru sukanya bukan sama klub yang sudah mapan dan terkenal.

Ada beberapa dari mereka yang antimainstream. Mereka masih mengidolakan Leeds United padahal klub tersebut sudah tak lagi di Liga Premier Inggris.

Ada yang suka dengan Athletico Bilbao, padahal reputasinya jauh lebih jelek dibanding Barcelona dan Real Madrid. Bagi orang orang yang suka klub bola antimainstream seperti ini harus kita dukung. Agar suporter menjadi warna-warni tidak hanya mendukun yang itu-itu saja.