“Jika anda dapat memimpikannya, anda dapat melakukannya,” begitulah kata Walt Disney. Siapa tak kenal Walt Disney? Ia adalah pahlawan jutaan anak kecil dari zaman bahuela sampai sekarang.

www.orlandosentinel.com
www.orlandosentinel.com

Kartun-kartun produksi Walt Disney disukai anak-anak di seluruh penjuru dunia. Apakah Walt Disney adalah orang yang tiba-tiba sukses tanpa mengalami kegagalan?

Banyak orang yang ingin meraih sukses seperti Walt Disney. Ada yang ingin menjadi penulis, pelukis, ilustrator, fotgrafer, dan lain-lain. Namun sayangnya tak sedikit yang hanya ‘ingin’ tanpa mau memulai berusaha mewujudkannya.

Ada yang percaya bahwa kesuksesan orang-orang seperti Walt Disney adalah karena bakat semata. Hal ini tak sepenuhnya benar.

Memang benar Walt Disney memiliki bakat, namun bakat itu tak akan menjadi apa-apa jika tidak terus di asah dengan latihan. Kamu juga bisa menjadi seperti Walt Disney dengan bakat dan passion yang kamu miliki asal konsisten berlatih.

Berikut ini terdapat tips agar konsisten mengasah ketrampilan hingga mencapai puncak kesuksesan.

1Jangan Takut Mencoba

www.boredpanda.com

Sebuah pepatah Cina Kuno mengatakan bahwa setiap perjalanan panjang diawali dengan langkah pertama. Jika kamu menyukai berkarya seperti menggambar, menulis, dan mendesain maka janganlah takut untuk mencobanya mulai sekarang.

Tuangkan segala loncatan-loncatan ide dalam kepalamu. Tak perlu khawatir akan hasil yang buruk. Jika kamu masih malu dengan hasil karyamu, kamu dapat menyimpannya untuk dirimu sendiri.

Kamu tak akan pernah berhasil jika kamu tak memulai untuk mencoba.

2Ikutilah Komunitas

www.islamicgeo.com

Istiqomah tidak bisa sendirian. Hal ini benar adanya. Manusia memang diciptakan dengan kondisi hati yang mudah terbolak-balik. Suatu hari kamu sangat bergairah untuk berlatih, namun bisa jadi di hari lain kamu sangat malas.

Parahnya lagi sekali kamu terjatuh dalam kubangan kemalasan, kamu akan sulit bangkit darinya. Bahkan mungkin kamu butuh bantuan orang lain untuk menarikmu dari kubangan kemalasan.

Oleh karena itu ikutilah komunitas-komunitas yang sesuai dengan pasion. Jika kamu kesulitan mencari komunitas di kota tempat tinggalmu, cobalah mencari komunitas di internet dengan searching di Google atau jejaring sosial.

Di komunitas biasanya tedapat beberapa program kerja seperti pertemuan rutin dan pembantaian karya anggota komunitas. Bahkan juga ada agenda refreshing bersama yang dapat mengeratkan ikatan persahabatan sesama anggota komunitas.

Kamu juga dapat ilmu baru dari anggota komunitas yang lebih senior dan lebih lama berkecimpung dalam bidang yang kamu sukai, selain itu juga mendapat charger semangat agar dapat konsisten.

3Upload Hasil Karya di Dunia Maya

www.asikaja.com

Raditya Dika menjadi penulis awalnya juga berawal dari aktif menulis di blog. Namun karena ia konsisten dalam menulis akhirnya diterbitkan buku bahkan diangkat di film layar lebar.

Dunia yang semakin canggih dapat kamu manfaatkan untuk mengasah keterampilan. Upload karyamu di dunia maya seperti akun jejaring sosialmu.

Jangan memikirkan berapa banyak ‘like’ atahu komentar pujian yang kamu dapatkan. Begitu juga dengan komentar buruk yang diberikan teman dunia mayamu jangan sampai mengecilkan hatimu.

Jadikanlah setiap kritik dan saran sebagai perbaikan karya sehingga menjadi semakin baik. Siapa tahu ada penerbit atau perusahaan di bidang seni lainnya yang berminat mengontrakmu bekerja sama dengan mereka.

4Ikutilah Kompetisi atau Pameran

www.lisnadwiardhini.blogspot.com

Ikutilah berbagai kompetisi untuk menilai apakah karyamu sudah semakin baik. Kompetisi juga dapat menjadi lecutan motivasi untuk lebih keras lagi dalam menghasilkan karya.

outoftheboxindonesia.wordpress.com
www.outoftheboxindonesia.wordpress.com

Tak perlu khawatir akan kekalahan yang harus kamu hadapi. Puluhan bahkan ratusan kegagalan akan terbayarkan saat suatu ketika kamu memenangkan kompetisi. Rasa kepuasan saat menang bukan hanya terletak pada hadiah lomba.

SHARE