Selama ini, banyak orang yang enggan traveling atau jalan-jalan sendirian karena alasan keamanan.

Memang, keamanan menjadi satu hal yang harus diperhatikan betul. Kamu pasti tak mau hal-hal buruk, seperti kecopetan, perampokan, menimpamu. Semua orang menginginkan masa liburan yang menyenangkan.

Tapi, kamu bisa menyiasati itu semua kok. Asalkan tahu bagaimana cara melindungi diri sendiri. Nah, berikut ini ada 8 cara traveling aman bagi para solo traveler.

1Bawa Alat Pelindung Keselamatan

gamunik.com

Kamu bisa membawa senjata seperti pepper spray atau pisau lipat kecil. awalah senjata yang berguna untuk melindungi diri saat hal-hal di luar dugaan kamu terjadi.

Alat-alat itu akan sangat berguna jika ada orang-orang jahat yang hendak menganggumu di tengah perjalanan.

Jangan lupa letakkan alat-alat tersebut pada tempat yang mudah dijangkau, misalnya kantung celana atau saku jaket.

2Hindari Perjalanan Malam

rumaysho.com

Meskipun perjalanan malam hari cukup efektif untuk menekan budget liburan, namun cara ini cukup beresiko dibandingkan perjalanan pada siang hari.

Ingat, jangan korbankan keamanan dan keselamatan diri hanya untuk mendapatkan sesuatu dengan harga murah.

3Pilih Penginapan Strategis

hotelbintangmurah.com

Pilih penginapan murah tapi tidak murahan. Cari yang lokasinya dekat dengan minimarket, jalan besar, ATM, atau tempat makan.

Kamu akan dengan mudah mendapatkan akses untuk memenuhi kebutuhan harian jika lokasi penginapan cukup strategis.

4Pastikan Baterai Ponselmu Penuh

banjarmasin.tribunnews.com

Ponsel menjadi alat yang sangat penting bagi para solo traveler. Mengapa? Sebab jika tersasar, ponsel bisa membantu menemukan rute dengan GPS, mencari lokasi wisata, pesan tiket, dll termasuk menghubungi keluarga.

5Jangan Beritahu Orang Lain Kamu Traveling Sendirian

trekeffect.com

Jangan update status jika kamu sedang traveling sendirian. Jika ada orang yang hendak berbuat jahat padamu, dia akan dengan mudah mencelakakanmu apalagi jika tahu lokasimu saat traveling.

6Pilih Penginapan Khusus Perempuan

gadisrakus.wordpress.com

Jika kamu menginap di hostel dengan fasilitas kamar khusus perempuan atau campuran, maka langsung pilih kamar khusus perempuan. Jangan pilih kamar campuran.

Meskipun dorm campuran lebih murah, tapi demi kenyamanan dan keamanan, pilih khusus perempuan tanpa perlu banyak pertimbangan.

7Cari Informasi Sedetail Mungkin

haiineola.com

Jangan sampai kebingungan di tengah jalan. Itu adalah kesempatan bagimu untuk terkena scam. Maka, wajib hukumnya menggali informasi terlebih dahulu sebelum mengunjungi lokasi.

8Bergayalah Seperti Penduduk Lokal

travelink.id

Buatlah dirimu terlihat sama seperti penduduk sekitar dengan gaya yang standar. Jangan bergaya heboh yang menunjukkan bahwa kamu adalah turis.

9Minta Nomor Telepon Hotel

teknosains.com

Catat selalu nomor telepon tempatmu menginap atau nomor telepon keamanan setempat. Mencegah jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Jika kamu tersasar, nomor tersebut juga akan sangat berguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here