Setiap pasangan pasti ingin suasana rumah tangganya harmonis, tidak didera masalah berat, minim konflik, dan lebih didominasi oleh ketenangan.

Namun pada kenyatannya, kehidupan rumah tangga tak pernah bisa lepas dari berbagai konflik dan masalah.

Permasalahan dalam rumah tangga disebabkan dari berbagai faktor, seperti perbedaan pendapat, tak mau saling mengalah, keadaan ekonomi yang buruk, ego tinggi, perselingkuhan, dan berbagai faktor lainnya.

Lakukan 7 tips ini dengan segera agar tidak timbul pertengkaran yang lebih runyam di dalam kehidupan berumah tangga.

1Ingat Komitmen yang Sudah Disepakati

herbasehati59.blogspot.com

Jangan pernah lupai bahwa masalah akan selalu ada dalam hidup. Ingatlah komitmen yang dulu pernah disepakati untuk hidup bersama, baik senang maupun duka.

Jangan karena masalah yang menimpa, suami atau istri jadi lupa dengan komintmen yang sudah ditetapkan sendiri pada awal pernikahan dulu.

2Bicarakan Masalah Pada Suasana yang Pas

muslimahcorner.com

Setiap pasangan harus pandai dan tahu kapan saat yang tepat mengungkapkan masalah dan kapan harus menundanya.

Perhatikan kondisi pasangan, sebelum menceritakan masalah. Jika sedang dalam keadaan stress, depresi, baiknya tunda dan bicarakan ketika suasana sudah tenang.

3Kontrol Emosi

beritaislamterbaru.org

Tips paling penting dalam menghadapi masalah dalam rumah tangga yaitu kontrol emosi. Ketika dihadapkan dengan masalah serumit apapun, jangan sampai emosi menguasai diri.

Ketahuilah, bahwa pada saat emosi tak bisa dibendung, maka kita tidak akan bisa mengambil keputusan dan solusi terbaik. Justru makin memperunyam masalah.

Emosi yang tidak terkotrol bisa mengakibatkan diskusi yang awalnya baik-baik saja menjadi pertengkaran yang hebat.

Jika sudah mulai muncul emosi yang akan meletup, baiknya akhiri pembicaraan segera. Ambil air wudhu, dan berdzikir sebanyak-banyaknya.

4Minta Bantuan Orang Ketiga

ummi-online.com

Baiknya permasalahan rumah tangga harus diselesaikan sendiri dengan pasangan. Tetapi, jika upaya menyelesaikan sendiri sudah tidak memungkinkan, kita bisa meminta orang ketiga untuk membantu menyelesaikan permasalahan.

5Cari Jalan Tengah

kelirnews.com

Ketika pertengkaran sudah mulai memuncak,  segera ambil jalan tengah yang saling menguntung kedua belah pihak. Cari tahu akar permasalahan, kemudian temukan solusinya.

6Biarkan Cinta Bicara

muslimahcorner.com

Ingatlah bahwa pasangan suami istri sudah pasti saling mencintai dan tak mau kehilangan pasangannya. Nah, gunakan rasa cinta tersebut untuk membantu mengatasi masalah yang sedang menimpa.

Misalnya, dengan mengingat kembali masa-masa bahagia saat awal pernikahan, bagaimana kebaikan suami atau istri.

7Nada Suara

ummi-online.com

Jangan lupa mengontrol nada suara. Orang yang sedang didera konflik, cenderung memiliki hati yang lebih sensitif.

Tanpa ada konflik pun, sudah seharusnya kita bersikap lemah lembut, sebab begitulah tauladan Rasulullah Saw.