Hemmm sudah menjadi kebiasaan tentunya gosip atau ghibah ini di kalangan masyarakat umum. Ini sudah seperti menjadi penyakit turun-temurun, susah sembuhnya dan sangat enak dilakukan.

Khususnya para wanita nih, mereka yang betah banget ngobrol, apapun di obrolin sampai akhirnya ngomongin tetangga, ngomongin orang lewat dan semuanya diobrolin.

Padahal gosip atau ghibah ini merupakan perbuatan tercela yang harus kita hindari lho, tapi kok malah jadi enak banget dilakukan, duh segera banyak istighfar dech.

Buat kamu yang sering melakukan ini atau terjebak dalam hal semacam ini segera berhenti ya, kalau kesulitan beberapa tips di bawah ini bisa kamu coba.

1Selalu Ingat Ayat Larangan Ghibah

porsiwp.eumroh.com

Pasti dunk hal yang pertama yang harus kamu ingat bahwa sudah jelas ada larangan dari ALLAH tentang ghibah, ini ayat yang harus kamu pahami dan hafalkan.

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang. Jangan pula menggunjing satu sama lain.

Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Hujurat: 12).

2Yakinkan dalam Hati Bahwa Ghibah Buruk

asdhar.blogspot.com

Cara kedua harus yakin dengan larangan ALLAH,  yakinkan dalam hati kamu dan ingat seperti apa ghibah itu. Balasan atas perbuatan ini saja diibaratkan seperti memakan daging saudara sesama manusia yang telah mati (memakan mayat).

3Selalu Ingat Kekurangan Diri

ummi-online.com

Sebelum ngomongin kekurangan orang lain ingat kamu juga manusia yang gak sempurna dan punya banyak kekurangan, so, ingat-ingat trus kekurangan kamu agar tidak gampang ngomongin orang lain.

4Hindari Teman yang Suka Ghibah

tigacahayautama.com

Kamu harus pinter-pinter bergaul, jangan deketin temen-temen yang suka ngomongin orang, yang suka gosip dan yang suka banyak bercandanya.

Kalau kamu belum bisa menghindar usahakan ketika ada yang ngajak ngomong kayak gitu diem atau mengalihkan pembicaraan.

5Jangan Nonton Infotainment dan Sejenisnya

1080.plus

Harus kamu tahu ya, infotainment dan sejenisnya itu termasuk gosip atau ghibah, jadi jangan nonton acara kayak gitu. Memang semuanya tidak, tapi pasti dech ujung-ujungnya kayak gitu, lebih baik ganti channel lain atau matikan televisi saja.

Karena nonton dan menikmati ghibah gak ada bedanya dengan ngomongin ghibah, sama saja, sama-sama dosa dan bahaya.

Itulah beberapa tips yang bisa kam lakukan agar terhindar dari gosip dan ghibah, emang enak bangat ngelakuin itu, tapi yakin mau makan bangkai teman kamu sendiri? Ihh ngeri kan? Yuuk menjaga diri, semoga bermanfaat ya