Tanpa harus ada pembuktian medis, para orang tua dari zaman ke zaman sudah paham tentang arti penting tidur siang bagi balita. Local wisdom ini memang banyak dibuktikan kemudian oleh keterangan medis.

Tidur siang bagi si kecil banyak manfaatnya, mulai dari merangsang pertumbuhan, menjaga kesehatan, sampai dengan pengaruh pada kecerdasan. Maka dari itu orang tua selalu berusaha agar balitanya dapat rutin tidur siang setiap hari.

Namun sayangnya banyak dari ibu yang kesulitan untuk mengondisikan tidur siang bagi sang anak. Balita, apalagi yang sudah memasuki usia bermain, seringkali sulit untuk diajak tidur siang oleh sang bunda.

Nah, agar para ibu tidak lagi kesulitan dalam mengondisikan tidur siang si kecil, berikut kita berikan 6 tips agar balita mudah tidur siang.

1Membuat Jadwal Tidur Siang

id.aliexpress.com

Tubuh manusia memang dapat terkondisikan karena kebiasaan. Seperti terbiasa bangun subuh, walau ia telat tidur malam. Tidak terkecuali pada balita, dan tentu pengondisian ini akan lebih besar pengaruhnya membantuk habbit.

Aturlah jam tidur siang terbaik untuk anak. Waktu tidur tergantung seberapa lama tidur malamnya.

Bagi anak usia 2-3 tahun yang punya kebutuhan tidur 10-12 jam, maka tinggal dihitung berapa lama tidur malamnya. Kekurangan waktu tidur ditambahkan pada waktu siang.

Pukul berapanya juga tergantung pukul berapa si anak bangun. Misal biasa bangun jam 5 pagi, maka buat jadwal tidur siang sebelum waktu dzuhur, karena waktu itu cenderung dia mulai mengantuk.

Memang pada awalnya akan susah untuk membiasakan si kecil jika sebelumnya tidak teratur jam tidurnya. Tapi lama-kelamaan jika kita lebih mendisiplinkan ia berada di tempat tidur pada jadwal tidur siang, pasti akan menjadi kebiasaan.

2Ciptakan Suasana Nyaman dan Tenang

mediajurnalkesehatan.blogspot.com

Matikan segala alat yang akan mengeluarkan suara berisik dan membuat balita terjaga seperti TV dan gadget. Juga dari suara anggota keluarga lain yang ada di rumah. Dengan begitu balita akan lebih mudah untuk tidur siang.

Atau lebih bagus lagi dengan mengondisikan tempat tidur seolah hendak tidur malam. Caranya dengan mematikan lampu, menutup pintu, dan menutup gorden jendela.

3Si Kecil dalam Kondisi Kenyang

dbagus.com

Perut kenyang tentu akan membuat balita mudah tidur dan cenderung tenang. Sedangkan dalam kondisi lapar tentu membuat balita menjadi rewel atau terlalu cepat bangun dari tidur siang.

Akan tetapi yang perlu diingat, rentang antara makan dengan tidur siang juga jangan terlalu mepet, karena organ tubuh butuh waktu mencerna makanan sebelum diistirahatkan dengan tidur siang.

4Tidur dengan Benda Kesayangan

merries.co.id

Biarkan balita kita tidur dengan benda kesayangannya seperti boneka atau benda lain yang biasa menjadi teman tidur. Termasuk juga dengan tempat tidur, bantal, dan guling, banyak anak yang tidak bisa tidur kecuali dengan alat tidur yang sudah biasa dipakainya.

5Bunda Pura-Pura Tidur di Sampingnya

ummi-online.com

Ini cara yang cukup ampuh untuk menidurkan si kecil. Saat melihat bundanya sudah tidur, mereka lama-kelamaan akan tidur. Balita seakan ‘dipaksa’ untuk tidur karena sang bunda yang menjadi tumpuan aktivitasnya juga tidur.

6Jangan Terlalu Sore

gigisusu.net

Paling baik memang sebelum dzuhur, ataupun kalau terlambat maksimal pukul 13.00 si kecil sudah mulai tidur siang. Tidur siang terlalu sore dapat memicu anak rewel dan tidurnya tidak tenang.

Kalaupun memang terpaksa tidur sore, tak masalah. Biasanya mereka baru bisa tidur sore karena sudah sangat capek beraktivitas dan kerasa ngantuk.

Tidur siang terlalu sore juga akan berpengaruh pada waktu tidur malam, sang balita akan susah tidur malam dan terlambat untuk tidur.