Berangkat ke kantor dengan bersepeda atau sering disebut dengan Bike to Work merupakan gaya hidup yang kini mulai banyak digemari oleh masyarat perkotan. Selain dapat bergerak secara lincah, bersepeda juga ampuh terhindar dari kemacetan.

Bersepeda juga dapat menjadikan pemandangan kota yang terkesan semrawut bisa terlihat lebih baik lagi. Coba saja kamu bayangkan, lebih baik mana melihat minibus yang suda peyot berpuluh-puluh tahun atau sepeda yang dikendarai dengan santai.

Aktifitas bersepeda secara tidak langsung dapat berkontribusi mengurangi tingkat polusi udara. Selain itu, juga bisa sebagai salah satu cara mengurangi kemacetan.

Sayangnya, melestaikan budaya bersepeda cukup sulit. Perlu perjuangan yang ekstra. Jika kamu ingin memulai untuk bersepeda ke kantor, kamu perlu menyiapkan beberapa hal seperti masker, sarung tangan, helm dan peralatan bersepeda lainnya.

Beberapa contoh persiapan lainnya yang perlu kamu lakukan antara lain seperti.

1Menghitung Jarak

saharga.blogspot.com

Penting bagimu untuk mengetahui secara pasti jarak antara rumah dan tempat kerjamu. Hal ini bertujuan untuk mengukur apakah kemampuan fisikmu kuat menempuh jarak tersebut. Bila jaraknya dekat, kamu bisa melakukannya setiap hari.

Akan tetapi jika jaraknya mash terbilang jauh, cobalah untuk bersepeda ke tempat kerjamu pada hari-hari pendek seperti Jumat dan Sabtu di saat kantormu tidak terlalu banyak pekerjaan.

2Pastikan Ada Kamar Mandi di Kantor

adhimasgroup.wordpress.com

Aktifitas bersepeda ke tempat kerja pasti membuatmu jadi berkeringat. Selain itu, paparan asap baik dari knalpot atau pun rokok yang bercampur dengan keringat menjadikan badanmu lengket dan bau.

Jadi, sesampainya di tempat kerja, kamu haruslah membersihkan badan terlebih dahulu. Sehingga keberadaan kamar mandi memang mutlak harus ada.

3Hafalkan Jalur atau Jalan Tikus

satujam.com

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Yogyakarta sudah banyak ditemui jalur khusus untuk pengguna sepeda agar dapat terhindar dari kemacetan.

Sedangkan untuk kamu yang tinggal di kota yang tidak memiliki jalur khusus, cobalah untuk menghafalkan jalan-jalan tikus yang ada untuk menghindari kemacetan.

4Pastikan Sepeda dalam Kondisi Bagus

satujam.com

Sebelum berangkat ke kantor, selalu biasakan untuk memeriksa kondisi sepeda dan perlengkapan dalam berkendara seperti jaket, helm dan sarung tangan. Memeriksa kondisi tekanan ban, rantai dan baut sepeda juga penting.