storania.com

Tips Buat Kamu yang Ingin Jalan-Jalan dengan Budget Terbatas

Posted on

Jalan-jalan atau yang seringkali disebut piknik, untuk sebagian orang sangat menyenangkan. Bahkan tidak jarang juga yang menganggap jalan-jalan sebagai sarana refreshing yang paling jitu. Jadi, semisal kebutuhan ini tidak dipenuhi, pikiran menjadi semakin ruwet.

Dengan kebutuhan akan jalan-jalan ini, maka kita harus melakukan persiapan dari jauh-jauh hari, mulai dari penentuan destinasi wisatanya, hingga menyiapkan pendanaannya. Kenapa hal ini perlu kita persiapkan dari jauh-jauh hari? Karena tentunya jalan-jalan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Wah, berarti kalau budget kita terbatas, jadi nggak bisa jalan-jalan dong! Ya tentunya masih bisa, tapi sebelum berangkat jalan-jalan, biar lebih aman dan budget kamu cukup, maka kamu perlu melihat tips-tips berikut ini dulu.

Menginaplah di Hotel Bintang Satu atau Homestay

wandermelon.com
wandermelon.com

Karena kamu tujuannya untuk jalan-jalan, maka pilihlah penginapan dengan harga yang paling murah, semisal hotel bintang satu ataupun homestay. Dengan cara ini kamu pasti bisa menghemat budget. Jadi budget kamu yang terbatas bisa kamu alokasikan ke hal yang lainnya.

Memang sih lebih nggak nyaman dibandingkan menginap di hotel yang lebih banyak bintangnya, tapi kamu kan tidak akan berlama-lama tinggal di hotelnya. Jadi sayang sekali kalau kamu ngeluarin budget terlalu banyak untuk pos yang satu ini.

Membawa Botol Minum Sendiri

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Kalau kamu memutuskan untuk jalan-jalan ke luar negeri, maka kamu sebaiknya membawa botol mimum sendiri. Kenapa perlu bawa botol minum sendiri? Karena harga minuman dalam kemasan di sana harganya selangit jika dirupiahkan.

Lalu kita isi ulang air minumnya darimana? Tenang saja, jika yang kamu kunjungi adalah negara maju, maka kamu bisa mengambil air minum secara gratis, karena biasanya beberapa tempat umum menyediakan kran air minum yang bisa kita ambil secara gratis.

Memasak Bisa Jadi Pilihan untuk Urusan Makanan

lookup.co.id
lookup.co.id

Jika kamu jalan-jalan bersama keluarga, maka akan terasa sangat berat jika kamu mengandalkan urusan makan dengan membelinya. Oleh karena itu kamu pun bisa juga memasak lho! Apalagi kalau kamu dan keluarga jalan-jalannya bawa kendaraan sendiri, pastinya akan lebih mudah untuk membawa aneka peralatannya.

Hindari Membeli Makanan di Tempat Tamasya

anekatempatwisata.com
anekatempatwisata.com

Kalau budget kamu terbatas, untuk urusan membeli makanan pun kamu harus selektif. Baik itu jenis makanannya ataupun tempat kamu membeli makan. Hindari membeli makanan di tempat-tempat yang harganya mahal, misalnya saja di tempat wisata.

Gunakan Angkutan Umum, Kalau Perlu Angkutan Massal

indriany.com
indriany.com

Karena kamu jalan-jalan dengan biaya sendiri, maka semua pengeluaranmu saat jalan-jalan nggak akan ada yang menggantikannya. Daripada dompet jadi kosong mlompong sepulang jalan-jalan, lebih baik kita beririt-irit ria saat melakukan perjalanan.

Dalam tujuan berhemat inilah, maka kamu perlu mengorbankan sebagian kenyamananmu. Kalau kamu biasa naik taksi kemana-mana, maka saat berwisata usahakan untuk menghindari yang namanya taksi dan beralihlah ke moda transportasi yang lebih massal, misalnya saja angkot, bus ataupun kereta.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *