Puasa adalah ibadah muia yang merupakan salah satu di antara 5 rukun Islam lainnya. Melaksanakan ibadah puasa di bulan Rmadhan adalah salah satu kewajiban yang diperintahkan Allah SWT bagi umat muslim.

Adalah suatu keharusan bagi para orang tua untuk melatih anaknya berpuasa Ramadhan. Akan tetapi yang perlu kita garis bawahi bahwa belum ada kewajiban berpuasa bagi anak-anak.

Maka dari itu tugas orang tua bukan mewajibkan mereka untuk berpuasa, tapi mendidik atau melatih anak untuk berpuasa.

Kadang memang dalam mengajari anak untuk berpuasa itu gampang-gampang susah. Lantas bagaimana cara melatihnya?

Berkut beberapa tips cerdas untuk mendidik anak berpuasa.

1Jelaskan Tentang Ramadhan

primaradio.co.id

Para orang tua bisa menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu Ramadhan. Berikan penjelasan yang menyenangkan dan menarik mengenai hal-hal seputar Ramadhan, ibadah-ibadah di bulan suci, dan balasan bagi yang menjalankan ibadah di bulan tersebut.

Jangan lupa pula jelaskan betapa pentingnya puasa dan manfaatnya. Dengan menjelaskan hal-hal tersebut tentu akan membuat si anak bersemangat dalam menjalankan ibadah.

2Ajari Puasa Secara Bertahap

www.androidpit.fr

Bagi anak-anak yang baru menjalani puasa, bunda bisa mengajarinya untuk puasa bertahap. Yakni mulai dari sahur hingga pukul 10.00 atau 12.00.

Nah, biasanya perlahan-lahan mereka semakin antuasias dan bersedia berpuasa sehari penuh.

3Beri Menu Favorit Anak Makan Sahur dan yang Bergizi

www.anakvidoran.com

Bangunkan anak ketika makan sahur. Siapkan menu favoritnya ketika sahur atau berbuka puasa. Sebelumnya, bunda bisa menanyakan pada si anak, ingin sahur dan berbuka dengan makanan apa.

Perhatian dan semangat orang tua seperti itu membuat anak lebih semangat dalam berpuasa. Dan jangan lupa menu yang disediakn mengandung gizi yang baik bagi anak.

4Jauhkan dari Godaan

www.sehatfresh.com

Sembunyikan makanan-makanan yang bisa menggodanya untuk berbuka seperti es krim, atau makanan kesukaannya.

Usahakan anak sibuk selama puasa, bunda bisa mengajaknya bermain, membaca Al-qur’an, atau melakukan hal-hal lain yang menyenagkan.

5Jangan Memarahinya

www.ummi-online.com

Kadang anak merasa tidak kuat menjalakan latihan puasanya. Jika si anak tidak kuat berpuasa, sebaiknya jangan langsung memarahinya.

Nasehatilah mereka dengan baik-baik, alangkah baiknya para orang tua terus memberikan semangat kepada si anak.

Salah satu contohnya bunda bisa mengajak anak untuk menyiapkan menu buka puasa, menyenangkan bukan?

6Memberikan Teladan yang Baik

primaradio.co.id

Tunjukkan pada anak jika puasa itu harus dijalani dengan penuh kesabaran dan tidak boleh mengeluh.

Para anggota keluarga juga sebaiknya bersikap baik, sabar, tidak mudah marah-marah. Maka anak akan meliht hikmah puasa bukan hanya sekedar menahan lapar.

Itulah beberapa cara melatih anak berpuasa. Ajarkan anak utuk berpuasa sejak dini agar kelak mampu menjalankan perintah agama dengan baik.