Menurunkan badan secara drastis melalui diet cepat dan ketat, rentan menimbulkan gangguan kesehatan. Pasalnya, kala itu terjadi perubahan pola makan secara mendadak.

Padahal, apa yang kamu lakukan belum tentu membawa kestabilan berat badan ideal dalam jangka panjang. Malah berisiko membuat tubuh lemas, kekurangan nutrisi, dan gangguan fungsi tubuh lainnya.

Tapi, jangan khawatir, guys. Tips-tips berikut ini akan membantu kamu untuk menjalani diet sehat dan alami. Yuk, simak ulasannya!

1Jangan Tinggalkan Sarapan

buahhati.co.id

Banyak orang beranggapan bahwa sarapan bisa membuat berat badan mereka bertambah. Padahal itu pemahaman yang salah. Justru kamu harus menjaga rutinitas sarapan selama diet.

Kalau kamu sampai tidak sarapan, metabolisme tubuh akan melambat. Tentunya ini berdampak pada kelancaran kamu ketika buang air besar. Tetaplah sarapan, tapi perbanyak konsumsi makanan berserat, berprotein, dan air putih.

2Kurangi Porsi Makan Malam

reservebranson.com

Saat makan malam, upayakan kamu mengatur porsinya. Jangan mengonsumsi makanan terlalu banyak seperti saat makan siang. Pasalnya, selama malam hari, aktivitasmu akan lebih sedikit.

Sebaiknya, hindari makanan mengandung karbohidrat tinggi. Cobalah sajikan makanan berupa sayuran segar dan buah-buahan.

Tapi, hindari sayuran yang ditumis atau makanan yang digoreng dengan minyak. Rebuslah sayuran yang ingin kamu makan.

3Banyak Minum Air Putih

caratono.blogspot.com

Mungkin kamu tidak percaya dengan fakta ini. Air putih terbukti ampuh menurunkan berat badan dalam waktu sekejap.

Ketika kamu banyak minum air putih, hidrasi sel-sel akan meningkat dan membantu proses metabolisme. Disarankan minum air putih sebanyak delapan gelas sehari.

Minum air putih sebelum sarapan dapat membantu program diet kamu. Pasalnya, air putih akan membuat perut terasa kenyang sehingga kamu sedikit makan.

4Banyak Mengonsumsi Makanan Berserat

ladyamericanaindonesia.wordpress.com

Hampir semua orang yang sedang menjalankan diet disarankan mengonsumsi jenis makanan berserat. Pasalnya, makanan berserat merupakan kunci keberhasilan diet kamu.

Sebaiknya, makanan berserat dikonsumsi pada siang atau malam hari. Contoh makanan berserat antara lain, buah papaya, pisang, pir, dan lain sebagainya. Selain itu ada juga dari jenis sayuran, misalnya brokoli, bayam, kentang, dan macam-macam sayuran hijau lainnya.

5Mengonsumsi Makanan Berprotein

007beritaterkini.blogspot.com

Pembakaran lemak secara optimal dapat terjadi dengan bantuan protein. Itulah sebabnya, selama diet, kamu dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi.

Contoh makanan berprotein tinggi misalnya, telur dan ikan. Bagian telur yang mengandung banyak protein yakni putih telur. Jika kamu tidak suka telur dan ikan, protein tinggi bisa kamu dapatkan dari oatmeal atau gandum.

6Kurangi Karbohidrat dan Gula

thedandifamily.weebly.com

Karbohidrat dan gula sebenarnya sangat dibutuhkan untuk energi tubuh. Tapi, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan gula juga tidak baik.

Kalau kamu berlebihan mengonsumsi kedua jenis sumber gizi ini dampaknya hormon insulin dalam tubuh akan meningkat. Hormon insulin yang terlalu berlebihan berpotensi menimbun lemak.

Jadi, kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula. Dengan demikian, program dietmu tidak akan terganggu. Selain itu, kamu juga terhindar dari ancaman gangguan ginjal.

7Mengonsumsi Sayuran Hijau

mediapublica.co

Ini dia cara terbaik untuk mendapatkan penurunan berat badan sebanyak 10 kilogram dalam waktu seminggu. Kamu harus mengonsumsi sayuran-sayuran hijau.

Jenis-jenis sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi antara lain, kubis, seledri, brokoli, bunga kol, selada, dan lain sebagainya. Konsumsilah sebanyak mungkin karena kamu tidak akan gemuk hanya gara-gara makan banyak sayuran.

8Olahraga Rutin

justjared.com

Pola makan sehat dengan gizi seimbang tidak akan cukup menunjang diet kamu jika tidak dibarengi dengan olahraga. Lakukan olahraga rutin minimal 10 menit setiap pagi. Dengan berolahraga, pembakaran lemak dalam tubuhmu akan semakin optimal.

Tapi, ingat, jangan berlebihan ketika berolahraga. Sesuaikan dengan kemampuanmu ya, guys. Semakin kamu ingin cepat kurus, maka olahraga yang dilakukan juga harus semakin rutin.

Kamu boleh melakukan olahraga ringan hingga yang bera, misalnya jogging, senam, badminton, renang, dan masih banyak lagi.