Menjalankan program diet merupakan sebuah tantangan tersendiri. Pada dasarnya hal yang paling penting dalam teknik ini adalah dengan tetap bekerja dan berolahraga teratur sehingga kamu akan tetap fit sepanjang hari.

Sampai saat ini, olahraga adalah cara terbaik, mudah, dan alami untuk membakar kalori berlebih dalam tubuh. Memulai adalah langkah yang paling sulit. Tapi inilah kunci keberhasilan dari program diet yang telah direncanakan.

1Olahraga Teratur

lighthouse-indonesia.com

Berolahraga seperti yang sudah dibahas diatas merupakan elemen yang tidak terpisahkan dalam menjalankan tips diet. Dengan rutin berolahraga otomatis banyak lemak yang terbakar selain itu pula banyak manfaat kesehatan yang bisa dipetik dari olahraga.

Waktu yang paling tepat adalah pagi hari, karena saat itu perut sudah kosong dan tentunya pembakaran akan lebih cepat mengambil lemak-lemak yang tersisa.

2Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

designkedai.blogspot.com

Kamu yang sedang diet, harus banyak mengonsumsi makanan yang memiliki sumber vitamin C. Sebab vitamin C sangat berguna untuk membantu produksi karnitin. Karnitin adalah zat yang berperan mengubah lemak menjadi energy yang digunakan oleh tubuh kita.

3Hindari Lemak dan Kurangi Karbohidrat

konfrontasi.com

Karbohidrat tetap perlu dalam program menurunkan berat badan tapi lebih baik asupannya dikurangi. Perlu kamu pahami bahwa ada 2 jenis lemak, yaitu lemak jahat dan lemak sehat. Lemak sehat bisa diperoleh dari buah alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

Konsumsi makanan dengan kandungan lemak sehat akan membuat metabolisme tubuh semakin meningkat.

4Kurangi Kalori

renovit-multivitamin.com

Kalori dalam bentuk cairan dapat meningkatkan dan menyebabkan penambahan berat badan dengan cepat. Kurangi kebiasaan mengkonsumsi minuman berkalori tinggi seperti pada softdrink atau soda, kopi dan alkohol.

Lebih baik mengkonsumsi air putih / mineral minimal sebanyak 8 gelas per hari untuk kelancaran program diet.

5Makan Teratur (3 Kali Sehari)

dw.com

Dengan makan teratur 3x sehari, tetunya dalam porsi yang sedikit merupakan program diet yang paling optimal. Jangan mengurangi frekuensi makan, karena hal ini justru akan memperlambat metabolisme bahkan dapat berujung sakit maag.

6Jangan Makan Malam Lewat Pukul 7

wartakesehatan.com

Makan mendekati jam tidur akan menyebabkan makanan terlambat untuk diubah menjadi energi oleh tubuh. Akibatnya penumpukan lemak akan bertambah, jika lapar, lebih baik mengkonsumsi susu non fat ataupun makanan nutrisi yang rendah kalori.

7Hindari Makanan dan Minuman Manis

freedazoshopping.com

Gula adalah musuh abadi untuk kamu yang ingin memiliki perut ramping. Mulai dari sekarang, kurangi makanan yang mengandung gula. Sebab kelebihan kadar gula dalam tubuh akan tersimpan dalam bentuk lemak.

Selain berpotensi diabetes, program dietmu akan gagal total jika tetap menuruti nafsu untuk minum atau makan yang manis-manis. Kamu tetap boleh mengonsumsi tapi dalam jumlah yang sangat sedikit.

8Rileks

dw.com

Kortisol merupakan hormone pemicu stress. Jika kadar kortisol dalam tubuh meningkat pesat maka kamu akan mengalami stress. Hal ini akan berdampak dengan naiknya berat badan, menurunnya kekebalan tubuh, dan kadar inflamasi menjadi meningkat.

Usahakan untuk tetap rileks, baik itu saat di rumah atau di tempat kerja walau hanya dalam 5 menit saja.

9Cukup Tidur

zwitsal.co.id

Terlalu sering begadang dan orang yang sempit sekali waktu tidurnya dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh. Orang yang kurang tidur juga cenderung memiliki kelebihan berat badan.

Tidur atau istirahat yang cukup sangat penting untuk proses pemulihan tubuh, menjaga kesehatan dan menjaga berat badan tetap ideal.

SHARE