Obesitas atau kelebihan berat badan banyak dijumpai pada masyarakat modern. Junk food yang disebut sebagai makanan modern dan mampu memanjakan lidah semakin digemari masyarakat.

Padahal makanan ini kaya kandungan lemak namun miskin kandungan zat gizi sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang drastis. Obesitas selain mempengaruhi penampilan juga berpengaruh pada kesehatan.

Orang yang memiliki kelebihan berat badan akan mudah terserang berbagai penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan lain-lain. Mau tidak mau kamu yang mengalami obesitas harus bersegera melakukan diet untuk menjaga kesehatan.

Berikut ini beberapa tips diet mudah dan bisa segera kamu praktekkan.

1Kurangi Jumlah Kalori Kamu

daydreamerchic.com

Makanan dalam tubuh melalui proses metabolisme di ubah menjadi kalori sebagai bahan bakar untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun sering kali kita mengalami “kelebihan gizi” atau mengkonsumsi makanan melebihi kalori yang sebenarnya kita butuhkan.

Kelebihan kalori ini kemudian diubah menjadi lemak yang menumpuk di tubuh dan menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak terkendali.

Kamu yang akan melakukan diet wajib mengurangi konsumsi kalori. Mengurangi kalori bukan berarti tidak mengkonsumsi makanan sama sekali. Kurangi porsi makanmu agar kekurangan kalori dalam tubuhmu ditutupi oleh pembakaran lemak.

2Tingkatkan Aktivitas Fisik

spiritualmuslim.mywapblog.com

Olahraga menjadi suatu keharusan bagi kamu yang sedang diet. Aktivitas fisik seperti olahraga merupakan salah satu jalan untuk pembakaran lemak. Agendakan dalam satu pekan olahraga selama minimal 1 jam.

Kamu juga dapat meningkatkan aktivitas fisik dengan menaiki tangga saat di kantor atau sengaja berjalan kaki saat berbelanja. Namun jangan melakukan aktivitas fisik yang berlebihan agar kondisi tubuh tetap prima.

3Perbanyak Protein, Kurangi Karbohidrat dan Lemak

waluwah.com

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sumber energi utama adalah karbohidrat. Namun, protein merupakan zat pembangun yang baik untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Kamu dapat mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak dan menggantinya dengan protein.

Dibandingkan karbohidrat, protein memerlukan waktu yang lebih lama untuk diubah menjadi energi. Selain itu protein diubah menjadi energi yang lebih rendah dibandingkan dengan lemak.

Hal ini menguntungkan, karena kekurangan kalori yang diperlukan untuk menjadi energi dibakar dari cadangan lemak dalam tubuh kita.

4Perbanyak Minum Air Putih

intriknews.com

Rumus konsumsi air putih adalah setiap berat badan 20-30 Kg kamu harus meminum 1 liter air. Bagi kamu yang obesitas tentu saja harus meminum air putih lebih banyak sesuai dengan berat badanmu.

Air putih ini berguna untuk melarutkan lemak sehingga mudah diekskresikan menjadi keringat dan urin. Konsumsi air putih yang banyak juga mengalihkanmu untuk meminum minuman-minuman manis yang banyak mengandung gula.

5Istirahat dan Jaga Kondisi Psikologis

kipmi.or.id

Tak sedikit orang yang melampiaskan stress dengan cara banyak memakan cemilan. Parahnya lagi cemilan tersebut biasanya merupakan junk food yang tinggi lemak dan hampir sama sekali tak memiliki zat gizi.

Kamu harus menjaga kondisi psikologis agar bisa berfikir lebih logis selama menjalani program diet. Kamu juga harus menjaga agar tubuh cukup istirahat. Orang yang kurang istirahat biasanya lebih rentan mengalami stress.

6Disiplin Selama Diet

rizza-mae.tumblr.com

Program diet mudah dan sehat tak akan bisa tercapai hanya dalam satu hari. Perlu waktu yang cukup lama agar diet berhasil dan tak mengganggu kesehatan. Oleh karena itu kamu harus merencanakan program diet.

Program diet yang sudah kamu buat harus benar-benar kamu taati. Jangan mencari-cari alasan sebagai pemakluman untuk melanggar program diet. Jika perlu berikan punishment pada diri sendiri jika melanggar program diet yang sudah dibuat.

SHARE