babenyabubu.com

Tips Bagi Ibu Hamil Muda

Posted on

Hamil muda atau sering dikenal dengan kehamilan trimester pertama adalah masa-masa paling rawan. Bila tidak hati-hati dalam beraktifitas dapat berakhir pada keguguran atau perkembangan janin mengalami keterlambatan.

Tentunya kamu yang sedang hamil muda tidak menginginkan hal itu terjadi. Baik pada dirimu atau janin yang ada dalam kandunganmu.

Berikut ini tips menjaga kandungan agar tetap sehat dan aman selama masa hamil muda.

Batasi Aktifitasmu

ratih2701.wordpress.com
ratih2701.wordpress.com

Bagi kamu yang sudah memiliki pekerjaan dengan tugas yang berat mungkin hal ini perlu dipikirkan kembali. Bagi wanita hamil muda, beraktifitas yang menyebabkan kelelahan sangatlah berisiko.

Pada umumnya wanita hamil muda akan mudah lelah, bahkan hingga sampai pingsan. Hal ini disebabkan mereka akan mengalami tekanan darah yang lebih rendah dari biasanya.

Perlu juga membatasi aktifitas yang membutuhkan waktu berdiri atau duduk lama. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya flek coklat yang keluar jika ibu hamil terlalu lelah.

Apabila kamu sudah mengalami flek coklat. Segeralah periksakan ke dokter agar mendapat penanganan medis yang sesuai. Serta mencegah terjadinya keguguran.

Namun, sebelum hal itu terjadi padamu. Kamu bisa mencegahnya dengan memberikan waktu istirahat yang cukup serta tidak melakukan aktifitas begadang di malam hari. Hal itu dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah.

Hindari Makanan Tidak Sehat

myenglishclub.com
myenglishclub.com

Kebiasaan sebagian wanita modern saat ini lebih menyukai makanan cepat saji yang praktis. Padahal dengan mengkonsumsi makanan cepat saji akan memberikan dampak yang buruk pada janin yang ada dalam rahimmu.

Kadungan bahan pengawet yang tinggi pada makanan cepat saji mengakibatkan bayi terlahir dengan kondisi cacat fisik maupun mental. Tentu saja hal ini tidak kamu inginkan bukan.

dokterforamen.com
dokterforamen.com

Selain itu, mengkonsumsi obat-obatan kimia, rokok, kafein, minuman beralkohol serta minuman bersoda menjadi hal yang wajib dihindari oleh ibu hamil. Zat-zat yang berbahaya di dalamnya dapat berakibat sangat fatal bagi perkembangan janin.

Sebagai contoh, zat kafein dapat mempengaruhi zat besi dalam darah sehingga ibu hamil akan mengalami anemia, jantung berdebar, serta kurangnya pasokan oksigen serta nutrisi dalam darah ke janin.

Akan tetapi mengkonsumsi kafein yang dimaksud adalah dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini tidak berpengaruh apabila kamu mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang sedikit. Contohnya batasi konsumsi minuman teh satu gelas dalam sehari atau satu gelas kopi dalam seminggu.

Menjaga Asupan Nutrisi

veemarket.com
veemarket.com

Biasanya wanita hamil muda mengalami morning sickness atau mual muntah yang seringkali terjadi di pagi hari. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan pada bagian perut. Sehingga ibu hamil akan merasa malas untuk makan.

Tetapi yang perlu kamu ingat, bahwa janin dalam kandunganmu membutuhkan asupan nutrisi cukup banyak untuk perkembangannya. Apalagi di usia kehamilan muda adalah proses yang paling penting dalam pembentukan otak serta bagian tubuh si janin.

Menjaga Emosi

lembagapusat-wakaf.blogspot.com
lembagapusat-wakaf.blogspot.com

Bila wanita sedang mengandung, biasanya akan mengalami perubahan emosi yang cukup labil. Hal ini dikarenakan meningkatnya hormon dalam tubuh sang ibu. Sehingga kamu harus bisa mengontrol emosimu agar tidak mempengaruhi perkembangan janin.

Karena sebagian besar faktor selain asupan nutrisi yang mempengaruhi dalam perkembangan janin adalah faktor psikologi ibu yang mengandungnya. Janin di dalam kandungan sudah bisa merasakan bagaimana suasana hati sang ibu.

Apabila sang ibu merasa stress atau tertekan maka janin akan ikut merasakannya dan tidak nyaman berada di dalam kandungan. Hal ini juga dapat memicu detak jantung bayi yang semakin meningkat.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *