Berada di perantauan dalam waktu yang lama tentu membuat kita merasakan kerinduan pada kampung halaman.

Berbagai kenangan di tempat asal membuat kita ingin kembali merasakan kehangatan bersama orang-orang terdekat. Mudik adalah obat yang dapat mengobati kerinduan-kerinduan tersebut.

Mudik adalah tradisi tahunan yang selalu dilakukan menjelang hari-hari besar seperti Lebaran misalnya. Bagi kamu yang tinggal di perantauan, mudik tentu adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu.

Moment ini dijadikan ajang menyambung silaturami, baik kepada orang tua, kakek dan nenek, saudara, keluarga besar dan bahkan sahabat-sahabat di kampung halaman.

Kamu tentu tahu, fenomena menjelang puncak arus mudik. Kemacetan dimana-mana, bosan, jenuh, dan lelah sudah menjadi teman kala mudik.

Nah, agar moment mudikmu menyenangkan, buatlah mudikmu seperti aktivitas traveling. Berikut beberapa tips agar mudik menyenangkan ala traveler.

1Lakukan Perjalanan Mudik Lebih Awal Atau Lebih Akhir

www.klikhotel.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menjelang puncak arus mudik yakni mendekati hari-H, arus mudik semakin padat.

Jalanan dipenuhi kendaraan, kemacetan terjadi dimana-mana. Maka dari itu, lakukanlah mudik lebih awal. Dengan mudik lebih awal, kamu akan terhindar dari kemacetan yang luar biasa.

Selain itu, kamu dapat dengan santai mampir ke tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi. Bahkan bisa lebih lama dan dapat melakukan banyak hal di kampung halamanmu.

2Coba Pilih Jalur Alternatif yang Belum Kamu Lewati Sebelumnya

static.panoramio.com

Saat mudik kebanyakan jalan yang dilalui agar sampai kampung halaman hanya jalan itu-itu saja. Hal ini tentu membuat perjalananmu terasa membosankan.

Jika kamu adalah pemudik yang menggunakan transportasi umum, misal biasanya kamu mudik dengan naik bus kali ini cobalah naik kereta api. Atau yang biasanya naik pesawat cobalah untuk naik kapal, atau sebaliknya.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, tidak ada salahnya melakukan petualangan dengan mengambil jalur aternatif yang belum pernah kamu lalui sebelumnya.

Mungkin saja di sana kamu bisa menemukan pemandangan atau pengalaman baru. Dengan begitu perjalanan mudikmu tak akan monoton dan membosankan.

3Nikmatilah Wisata di Daerah yang Kamu Lewati

tataruangpertanahan.com

Banyak kota atau daerah-daerah yang kita lewati ketika perjalanan mudik. Tentu wilayah-wiayah tersebut memiliki keelokan yang tak ada salahnya untuk kamu nikmati.

Perjalanan mudik membuatmu merasakan penat dan lelah. Sambil mengistirahatkan tubuhmu, mampirlah untuk singgah di tempat wisata yang ada di sana.

Kamu akan merasakan indahnya panorama wisata yang disuguhkan. Selain dapat meluruskan punggungmu yang pegal, kamu akan dimanjakan olah berbagai keindahan wisata yang ada.

Sehingga otakmu pun kembali fresh, alhasil perjalanan mudik dapat dilanjutkan dengan senang hati.

4Jepret! Abadikan Pemandangan yang Menarik

pixabay.com

Menempuh perjalanan panjang akan membuatmu menemui banyak hal yang ada di sepanjang waktu. Bisa jadi kamu akan menemui pemandangan yang menarik.

Misalnya pemandangan gunung yang gagah menjulang, hamparan sawah yang elok nan unik, atau tempat wisata yang menarik. Bahkan pelangi di tengah perjalanan.

Tak perlu ragu, ambil gambar-gambar tersebut, abadikan dalam kameramu. Karena bisa jadi tak ada tempat-tempat yang sama seperti tadi dalam perjalanan selanjutnya.

5Berburu Kuliner Khas dari Daerah-daerah yang Kamu Lalui

cdn-2.tstatic.net

Inilah hal yang tidak boleh kamu lewatkan, Kuliner! Tak ada salahnya mencicipi aneka kuliner khas di tempat-tempatĀ  yang kamu singgahi.

Pilihlah menu lain dari menu yang biasa kamu pesan. Rasakan sensasinya, menyantap makanan dengan suasana baru dan tentunya menyenangkan.

Moment ini bisa membuatmu merasakan nikmatnya mudik serasa traveling.

6Ajak Ngobrol Rekan Seperjalanan

www.youtube.com

Kamu adalah pemudik yang mengguakan transportasi umum? Tak perlu khawatir mudikmu membosankan.

Sapalah teman seperjalananmu, kamu bisa mengobrol dengan mereka, ataupun bercanda bersama. Karena perjalanan mudik tak melulu jalan-jalan menggunakan kendaraan pribadi.

Berbagi cerita dengan teman di sebelahmu membuat perjalanan mudikmu terasa menyenangkan. Punya teman baru, mendengarkan kisah menarik dari mereka dan saling tukar pengalaman. Menyenangkan bukan?

7Siapkan Jurnal dan Tuliskan Pengalamanmu

stat.ks.kidsklik.com

Akan ada pengalaman yang menarik dalam suatu perjalanan. Maka dari itu siapkan jurnal untuk menuliskan pengalaman-pengalaman yang unik dan menarik.

Bisa jadi ceritamu tersebut menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa kamu ceritakan di kampung halaman. Menarik kan?

Masih mau perjalanan mudikmu membosankan? Cobalah lakukan beberapa tisp di atas agar mudikmu menyenangkan seperti aktivitas traveling. Have a nice trip!